Demo Supir Taksi Hambat Distribusi Logistik

0
316
Demo supir taksi di Mampang, Jakarta Selatan, hari Selasa (22 Maret 2016) Foto: Johan Tallo / Liputan 6

Jakarta – (suaracargo.com)

Aksi unjuk rasa yang digelar ribuan pengemudi angkutan umum di Jakarta mengganggu kelancaran arus logistik di dalam kota. Aksi demonstrasi ini menimbulkan kemacetan di sejumlah titik jalan penting di ibu kota.

Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita mengatakan, saat demo terjadi, proses pengiriman barang di dalam kota terhambat akibat kemacetan di sejumlah ruas jalan. Akibatnya, pengiriman barang dari produsen ke konsumen diperkirakan akan terlambat.

“Dampak dari demo angkutan umum terutama pada pengiriman kurir dalam kota. Dampak pada pengiriman kurir, terlambatnya pengiriman ke konsumen,” ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Namun demikian, berdasarkan pantauan ALI, hambatan pengiriman ini hanya terjadi di wilayah ibu kota saja. Sedangkan, arus logistik di daerah-daerah yang menjadi satelit Jakarta masih terhitung lancar.

“Kalau angkutan logistik di luar Jakarta belum terganggu karena sebagian besar truk lewat tol,” kata dia.

Sementara itu, terkait dengan kerugian, Zaldy mengatakan belum bisa memperkirakan potensi kerugian yang diterima pengusaha akibat demo kali ini. Namun demikian, dia berharap aksi demonstrasi ini tidak berlangsung lama.

“Potensi kerugiannya belum kita hitung. Kalau jam segini belum banyak angkutan logistik yang masuk Jakarta karena larangan truk di dalam kota,” tandasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here