Dermaga Kapal Roro di Penagi Mulai Dibangun

0
442
ilustrasi kapal roro (id.wikipedia.org)
ilustrasi kapal roro (id.wikipedia.org)

Natuna – (suaracargo.com)

Pembangunan dermaga pelabuhan roll on-roll off (Roro) di Penagi, Natuna, mulai dikerjakan. Pemancangan tiang pertama pada pembangunan tahap I diresmikan Bupati Natuna, Ilyas Sabli, Kamis (10/9/2015).

Kepala Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Natuna, Wan Siswandi mengatakan, anggaran yang digunakan untuk pembangunan dermaga ini berasal dari APBN namun untuk Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Satker dari Pemprov.

“Ini pelabuhan Roro satu-satunya di Natuna saat ini. Menelan anggaran Rp25 miliar untuk persiapan dan konstruksi,” ujar Wan. Pembangunan dermaga sepanjang 100 meter akan dirampungkan pada tahap pertama tersebut. Dermaga pelabuhan ini dirancang bersifat multipurpose sehingga bisa dimanfaatkan baik untuk kapal barang maupun penumpang.

Mereka menyebut hal ini Jalur sabuk utara, yang diharapkan menjadi penghubung pulau-pulau di Indonesia bagian Utara seperti Natuna – Kalimantan – Miangas hingga Sorong, tidak hanya dalam mobilitas penumpang dan barang namun juga kendaraan.

Bupati Natuna, Ilyas Sabli mengatakan geografis Natuna sebagai daerah kepulauan sangat membutuhkan infrastruktur sektor perhubungan laut yang baik untuk merakit pulau dan perkembangan ekonomi.

“Kami sangat terbantu dengan bantuan APBN. Sejauh ini sejak 2011 sampai sekarang di sektor perhubungan dan telekomunikasi kita sudah dapat bantuan Rp700 miliar lewat APBN, termasuk pembangunan tower dan pelabuhan-pelabuhan lainnya di pulau-pulau yang ada,” ujar Ilyas, seperti

Pelabuhan Roro ini direncanakan dilayari kapal pengangkut dengan jalur Jakarta – Tanjungpinang – Anambas – Natuna dan sebaliknya.
Pada peresemian kemaren, Pemkab juga mengundang unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), pihak pengusaha, investor dan juga dihadiri perwakilan dari Kemenhub dan Dishub Provinsi Kepri.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here