Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Aktifkan Jalur KA Pelabuhan Tanjung Mas Hingga Semarang Gudang

0
300
ilustrasi kereta barang (kaskus/tribunnews.com)
ilustrasi kereta barang (kaskus/tribunnews.com)

Gambir – (suaracargo.com)

Kereta api dinilai merupakan angkutan yang murah dan memiliki waktu tempuh yang relatif lebih singkat. Karena penilaian itu, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, dalam rangka mendukung logistik nasional, berencana mengaktifkan kembali jalur kereta api dari Pelabuhan Tanjung Mas hingga Semarang Gudang.

Hermanto Dwiatmoko, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, dalam keterangan persnya di Kantor Kemenhub, Jumat (20/2), menyampaikan bahwa hari ini telah dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama proyek reaktivasi jalur kereta api tersebut.

Perjanjian kerja sama tersebut dilakukan antara Dirjen Perkeretaapian dengan lima instansi terkait, yakni Dirjen Perkeretaapian, Dirjen Perhubungan Laut, Pemprov Jawa Tengah, PT Pelabuhan Indonesia III, dan PT KAI. “Sebenarnya, jalur tersebut sudah ada, hanya saja karena kondisi terendam air terus, jadi sempat ditutup,” kata Hermanto,

Agar proses angkut barang lebih mudah dan anggaran bisa lebih dihemat, pihaknya bersama dengan pihak-pihak terkait sepakat untuk memfungsikan kembali rute tersebut. Rute yang akan diaktifkan itu hanya untuk pengangkutan barang. Ia berharap pada tahun ini, proyek yang dianggarkan sebesar Rp 35 Miliar itu bisa mulai dijalankan.

“Harapannya dua tahun bisa selesai, yaitu sekitar 2015. Karena ini sudah tidak digunakan, maka di sekitar rel ada yang dipakai masyarakat. Tahun ini, sebagian anggaran difungsikan untuk pembebasan lahan,” lanjutnya, sebagimana dilansir wartakota.tribunnews.com.

Ia mengatakan, dengan difungsikannya kembali jalur ini, muatan yang diangkut dari pelabuhan Tanjung Mas ke Stasiun Semarang Gudang bisa langsung dibawa ke Jakarta atau Surabaya. Hermanto juga menyebutkan, jarak antara pelabuhan dengan gudang yang harus dilalui kereta tersebut hanya 1,5 Km. Ia berharap, dengan diaktifkannya kembali jalur tersebut, para pengusaha angkutan barang dan logistik mau beralih dari jalan raya ke kereta api.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here