Dirjen Hubla Kemenhub Buka Lelang Kontraktor untuk Pelabuhan Patimban

0
270

Jakarta – (suaracargo.com)

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan akan membuka lelang kontraktor untuk pembangunan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Lelang tersebut bisa dilakukan menyusul adanya kepastian dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang akan menyelesaikan penyusunan Greenbook Pelabuhan Patimban.

“Mudah-mudahan Agustus tahun ini kami buka tendernya. Sambil berjalan proses agreement loan-nya di Bappenas dan Kemenkeu. Lelangnya, lelang internasional,” kata Direktur Kepelabuhan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Mauritz Sibarani di Jakarta. Dia menambahkan, masa lelang tersebut membutuhkan waktu enam hingga 12 bulan. Lamanya proses lelang, mengingat lelang konstruksi bersifat internasional. “Waktunya cukup panjang karena lelang ini sifatnya internasional. Kemudian dokumennya juga banyak sehingga butuh persiapan,” ujar dia.

Ditemui secara terpisah, Deputi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bidang Pendanaan Pembangunan Kennedy Simanjuntak mengatakan, proses penyelesaian perjanjian Pelabuhan Patimban dari Japan International Coporatetion Agency (JICA) bisa selesai sebelum akhir tahun ini. “Tahun ini kami rencanakan bisa selesai sehingga pinjamannya bisa cair,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, akan melakukan koordinasi terkait proses penyelesaian Pelabuhan Patimban. “Pekan ini mau kami finalisasi penyelesaiannya. Terutama hal-hal berkaitan dengan administrasi di Kementerian Perhubungan,” ucapnya.

Dia menyebutkan, Pemerintah Jepang telah menyetujui pengoperasian Pelabuhan Patimban yang ditargetkan bisa dibangun pada awal 2019. Selain itu, Jepang juga siap mencairkan pinjaman tahap pertama senilai USD1,7 miliar. Diproyeksikan penandatanganan pinjaman bisa berlangsung pada Agustus 2018.

“Satu hal yang saya senang, Jepang sangat update dengan proyek ini dan mereka setuju proyek ini akan dibuka awal 2019. Tanda tangan pinjaman harus tahun ini dan kira-kira pada Agustus,” ungkap Budi Karya, seperti dilansir okezone.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here