Dirjen Kelautan Setuju Pelabuhan Wini-TTU jadi UPP

0
317
Pelabuhan Wini (flobamora.net)
Pelabuhan Wini (flobamora.net)

Kefamenanu – (suaracargo.com)

Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) melalui dinas perhubungan setempat kini gencar mendukung Program Tol Laut Maritim yang dicanangkan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Pasalnya, Pelabuhan Wini di Kecamatan Insana kini telah berstatus UPP Wini.

Kepala Dinas Perhubungan TTU, Odi Sila, S.H, Jumat (5/6/2015), mengatakan, Pemda TTU melalui dinas perhubungan setempat mengapresiasi keputusan pemerintah pusat (Kementerian Perhubungan Dirjen Perhubungan Laut) karena telah menyetujui proposal agar Pelabuhan Wini menjadi UUP
Pelabuhan Wini. Sebelumnya masih dibawah pengawasan Pelabuhan Atapupu, Belu.

Kendala yang ada, diakui oleh Sila, adalah masih adanya persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain sertifikat tanah. Kendala tersebut disebabkan karena sebelumnya sebagian lahan Pelabuhan Wini sudah dihibahkan oleh Pemda TTU kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Dirjen Perhubungan Laut. “Tahun ini dibangun gudang penampungan dan pelataran parkiran kontainer. Pemerintah daerah menyiapkan air bersih untuk kapal-kapal yang melakukan bongkar muat di Pelabuhan Wini,” ujar Sila.

Untuk menjawab program yang dicanangkan Presiden Jokowi tentang Tol Laut Maratim, diakui Sila, Wini akan menjadi UUP tersendiri dan tidak tergantung lagi dengan UPP Atapupu-Belu. Selain itu, Pelabuhan Wini akan meningkatkan PAD sektor perhubungan, perekonomian masyarakat dan lapangan pekerjaan. “Ini kan pelabuhan perbatasan yang harus diperhatikan oleh pemerintah pusat,” tegas Sila, sebagaimana dilansir poskupang.com.

Fasilitas yang masih kurang, kata Sila, antara lain alat timbang untuk muatan kapal, penyediaan air bersih, pelataran parkiran kendaraan serta lampu. Namun, fasilitas yang akan dilengkapi itu telah diprogramkan dalam perubahan anggaran tahun 2015. . “Saya komit ke depan peningkatan Pelabuhan Wini bisa maksimal untuk peningkatan PAD pada sektor perhubungan laut,” ujar Sila.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here