Dirut KAI: Angkutan Peti Kemas dengan Kereta Api Lebih Efisien

0
197
ilustrasi kereta barang (kaskus/tribunnews.com)
ilustrasi kereta barang (kaskus/tribunnews.com)

Surabaya – (suaracargo.com)

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro mengklaim, pengangkutan peti kemas dengan kereta api akan meningkatkan efisiensi pengangkutan barang karena kedatangannya bisa dipastikan. Selain itu, barang juga akan lebih aman saat dikirim dan biayanya dapat ditekan sehingga lebih murah.

“Kalau melalui darat kan agak susah,” kata dia seusai peresmian kereta api untuk peti kemas di Sea Way PT Terminal Peti Kemas, Tanjung Perak, Surabaya, Kamis, 9 April 2015.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan bersama dengan Direktur Pelabuhan Indonesia III Djarwo Surjanto dan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro meresmikan penggunaan jasa angkutan peti kemas menggunakan kereta api, Kamis, 9 April 2015.

Edi menjelaskan, pengangkutan peti kemas dengan kereta api dari Surabaya ke Jakarta akan dilaksanakan dua kali perjalanan setiap hari. Sekali jalan, kereta api bisa mengangkut 18 gerbong. Di Stasiun Kalimas, gerbong akan ditambah menjadi 30 unit untuk diangkut ke Jakarta.

Menteri Jonan mengatakan, pengangkutan peti kemas dengan kereta api akan memberikan alternatif angkutan selain menggunakan truk trailer. “Kereta api ini masuk pelabuhan untuk intermoda. Sehingga, banyak pilihan pengangkutan peti kemas selain truk,” kata Jonan, seperti dilansir tempo.co. Pengangkutan peti kemas dengan menggunakan kereta api akan mengurangi kepadatan lalu lintas jalan. “Nggak mungkin semuanya dilayani pakai jalan raya, itu aja,” ujar Jonan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY