Dirut Pelindo II: Pengguna SSS Tidak Perlu Diberi Insentif

0
384
ilustrasi pelabuhan (makassar.bisnis.com)
ilustrasi pelabuhan (makassar.bisnis.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) R.J. Lino menilai, pengusaha yang ingin memakai short sea shipping tidak perlu diberi insentif atau sokongan apapun. Alasan Lino, SSS ini merupakan pelayaran kategori premium, terutama dari segi kecepatannya.

Lino juga menjelaskan, short sea shipping itu memiliki konsep cepat, sehingga biasanya biayanya lebih mahal. “Pengusaha itu ga boleh dimanjain, yang namanya pengusaha itu harus fighting,” tegasnya, seperti dilansir maritimedia.com. Lino juga mengkhawatirkan, bila ad pengusaha mengharapkan diskon atau biaya gratis, nantinya akan meminta potongan lebih banyak lagi. Oleh sebab itu, Pelindo II akan memperlakuan semua konsumer SSS sama dengan yang lain.

Sekalipun ada operator memberikan diskon promosi, potongan yang diperbolehkan hanya 50% selama sebulan, tetapi tidak boleh minta gratis “Saya tidak mau deal sama orang seperti itu,” jelasnya.

Tahun ini, Pelindo II berencana membuka jalur pelayaran SSS dengan kapal roll on-roll off dengan rute Pelabuhan Tanjung Priok- Pelabuhan Panjang, Lampung. Menurut Lino, tujuan dari penyelenggaraan pelayaran cepat ini adalah untuk mengurangi beban muatan di Pelabuhan Bakaheuni. “Saya lihat ini potensial sekali karena dari Priok sampai Lampung kalau pakai kapal ro-ro besar hanya 6,5 jam,” katanya.

Berdasarkan perhitungan Pelindo II, kapal tanker Jakarta-Merak itu bisa memakan waktu tiga jam. Sementara itu, lama penyebrangan Merak-Bakaheuni hampir tiga jam dan ini masih harus ditambah dengan waktu perjalanan darat ke tengah kota Lampung sekitar 1,5 jam. Lino menjamin pelayaran mengunakan kapal ro-ro akan lebih cepat. Selain itu, supir truk yang membawa kendaraannya dengan kapal ini dapat beristirahat selama di perjalanan sehingga ketika sampai mereka lebih segar.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here