Dirut Pelindo II Setujui Kereta Pelabuhan

0
325
ilustrasi pelabuhan (Foto: Grandyos Zafna/detik.com)
ilustrasi pelabuhan (Foto: Grandyos Zafna/detik.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Direktur Utama PT Pelindo II (Persero) RJ Lino sudah memberi izin penggunaan kereta pelabuhan. Bahkan, Lino sudah menawarkan pemakaian kereta tersebut sejak dua tahun lalu.

“Ada orang ngomong kalau saya nggak berikan izin, nggak bener itu,” ujar Lino di gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (16/9/2015).

Lino pun yakin dengan kereta, bisa mengangkut barang dari atau menuju pelabuhan lebih cepat. Meski porsi kereta dalam mengangkut barang hanya 3,8 persen dibandingkan melalui kapal 60 persen dan jalan darat 40 persen, namun Lino menilai fungsi kereta bisa sangat membantu distribusi arus barang di pelabuhan.

Jika kemampuan kereta barang dari pelabuhan bisa dimaksimalkan sampai tiga persen, Lino mengaku hal itu sudah sangat bagus. Namun Lino mengingatkan kereta pelabuhan tidak mengurangi kemacetan di jalan akibat banyak truk kontainer yang mengangkut barang.

“Kalau tiga persen itu bisa nolongin mecah kemacetan nggak ? Ya nggak,” papar Lino, seperti dilansir tribunnews.com

Lino menambahkan Pelindo II tidak merasa dirugikan dengan adanya kereta barang dari pelabuhan. Keberadaan kereta itu justru berdampak pada angkutan truk barang.

“Kereta itu kan angkutan luar saingannya sama truk. Tanya sruama truk pendapatannya berkurang nggak? Jadi nggak ada kaitannya sama Pelindo,” kata Lino.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here