Dirut Pelindo III: Pengembangan Pelabuhan di NTT Pakai Dana Pelindo III

0
536
antrian di Pelabuhan Lembar (FOTO ANTARA/Ahmad Subaidi/Koz/pras/12)

Jakarta – (suaracargo.com)

Direktur Utama Pelindo III, Orias Petrus Moedak mengatakan bahwa pengembangan beberapa pelabuhan di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang akan digunakan untuk meningkatkan efektivitas logistik pangan akan menggunakan belanja modal Pelindo III.

Orias mengatakan, tiga pelabuhan di Dompu, Badas, dan Bima akan menjadi prioritas pengembangan tersebut. Tiga pelabuhan tersebut dinilai paling dekat lokasinya dengan sentra produksi Padi dan Jagung. Selain itu, di NTT sendiri, pengembangan pelabuhan akan dilakukan di pelabuhan Calabae.

“Karena itu kan sentra untuk komoditi dan juga pangan khususnya untuk jagung dan padi. Jadi kita akan lihat apa diarahkan ke Badas, Bima, atau akan kita kembangkan di Calabae atau Dompu,” ujar Orias di Kantor Kemenko Maritim, Senin (5/12).

Namun Orias belum bisa mengatakan berapa besar dana yang akan dikeluarkan untuk mengembangkan keempat pelabuhan tersebut. Orias hanya mengatakan bahwa rencana tersebut secara konsep sudah selesai. Pihaknya sudah merencanakan peletakan batu pertama yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 Desember 2016, “Kita sampaikan juga rencana groundbreaking di Gilimas pada 17 Desember,” ujar Orias.

Orias menjelaskan pula bahwa nantinya kapasitas empat pelabuhan tersebut bisa mencapai sekitar 1 juta ton. Orias mengatakan di sekitar pelabuhan itu terdapat potensi sentra pangan yang besar. “Kalau pelabuhan ini jadi bisa untuk membawa keluar produk yang ada ke daerah lain. Nanti kita siapkan untuk bisa mengangkut semua, 2,5 juta ton jagung dan 1 juta ton padi,” ujar Orias, seperti dilansir republika.co.id.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here