Dishub Dumai Berharap Dukungan Pemerintah dalam rangka Pembangunan Pelabuhan Internasional

0
213
Pelabuhan terminal penumpang Roro di Purnama Dumai (Tribunpekanbaru.com/Mayonal Putra)

Dumai – (suaracargo.com)

Pembangunan pelabuhan internasional terpadu di Kota Dumai masih terkendala infrastruktur pelabuhan dan jalan. Pemkot Dumai dalam hal ini juga mengalami keterbatasan kewenangan

Pelabuhan internasional terpadu ini berada di Kelurahan Purnama, Kota Dumai. Posisi pelabuhan tiu cukupstrategis. Di lokasi itu terdapat pelabuhan roro Dumai-Rupat, terminal pelabuhan penumpang internasional dan pelelangan ikan. Ketiganya berada di satu area pelabuhan terpadu.

“Kita bakal minta bantuan dari pemerintah pusat, agar wacana ini bisa direalisasikan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, Bambang Soemantri dalam Dialog dengan Anggota DPDI RI, Instiawati Ayus, Kamis (12/5/2016) sore.

Menurutnya, untuk merealisasikan wacana tersebut, Pemerintah Kota Dumai akan meminta dukungan dari APBN. Pemerintah Kota Dumai juga masih dibatasi kewenangan. Padahal, pelaksanaan pembangunan pelabuhan itu perlu regulasi hingga pemerintah pusat.

Selain itu, pembangunan Pelabuhan Bongkar Peti kemas di Pelabuhan Pelintung juga direncanakan. Tapi sayangnya, hingga kini anggaran dan pengelolaannya belum didukung pemerintah pusat. Padahal, sudah tersedia lahan seluas 70 Hektar untuk lokasi Operasional Pelabuhan Peti Kemas.

“Sebenarnya sudah kita usulkan. Begitu juga DED-nya. Keberadaan pelabuhan terpadu dan pelabuhan peti kemas untuk mendukung Program Poros Maritim yang digagas Presiden Jokowi,” tegas Mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Dumai, seperti dilansir tribunpekanbaru.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY