Dishubkominfo Kayong Utara Akan Benahi Pelabuhan Teluk Cik Kadir

0
458
Beginilah kondisi pelabuhan Teluk Cik Kadir yang masih dalam tahap pembangunan untuk penyempurnaan, khususnya pembangunan pemecah ombak. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / MUHAMMAD FAUZI)

Kayong Utara – (suaracargo.com)

Dishubkominfo Kayong Utara segera benahi pelabuhan Teluk Cik Kadir. yang . Menurut Kadishubkominfo Rusli, pelabuhan laut yang berada di Kecamatan Sukadana tersebut perlu dibangun pemecah ombak. Hal itu karena posisi pelabuhan tersebut yang berbatasan langsung dengan laut sangat rawan disandari kapal-kapal.

Apa lagi, lanjut dia, pada musim barat pelabuhan yang diresmikan oleh Sekjen Kementerian Perhubungan Republik Indonesia pada tahun 2016 lalu sangat rawan terhadap terjangan ombak.

“Kita telah menyediakan satu pelabuhan laut yang ada di teluk Cik Kadir. Memang masih ada kendala karena posisi pelabuhan yang berbatasan langsung dengan laut lepas, khususnya pada musim barat rawan terhadap terjangan ombak, makanya 2017 kami telah mengajukan ke pemerintah pusat untuk membangun pemecah ombak di pelabuhan Cik Kadir,” jelas Rusli, Kamis (12/1/2017).

Untuk meningkatkan kapasitas Pelabuhan Cik Kadir pemerintah Kayong Utara melalui Dishubkominfo telah membuat pelabuhan di samping pelabuhan induk untuk tempat bersandar kapal kapal kecil dan speed boat yang diperkirakan rampung pada tahun 2017 ini.

“Untuk kapal kecil dan speedboat telah kita bangun juga disampingnya pelabuhan teluk Ci Kadir insya Allah di tahun 2017 ini akan rampung untuk pelabuhan speednya sendiri,” jelasnya, seperti dilansir tribunpontianak.co.id.

Pelabuhan induk Cik Kadir yang telah mulai pengerjaannya sejak tahun 2011 dengan total anggaran Rp 75.400.000.000 ini dirancang untuk kapal-kapal lokal dengan batas maksimum 1000 DWT untuk Kapal Kargo.

Pelabuhan induk ini juga didukung dengan fasilitas darat seperti terminal penumpang, gedung kantor, pos jaga, dan lapangan penumpukan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here