Ditjen Hubla Kemenhub Minta Pembangunan 15 Kapal Kontainer Selesai Tepat Waktu

0
197
ESTELLE MAERSK - A.P. M¿ller - M¾rsk A/S (maritimedia.com)

Surabaya – (suaracargo.com)

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan peletakan lunas kapal atau keel laying 15 kapal kontainer 100 TEUs di galangan kapal milik PT Daya Radar Utama di Lamongan, Jawa Timur, Kamis (2/6).

Acara peletakan lunas kapal ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kontrak pembangunan kapal kontainer yang dilaksanakan pada pada 28 Desember 2015 lalu di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan.

Promo CSMCARGO Ramadhan

Pembangunan 15 kapal kontainer direncanakan selesai pada tahun 2017 atau 25 bulan dengan menggunakan kontrak lumsum. Kontrak ini mensyaratkan, salah satunya, bahwa semua risiko ditanggung sepenuhnya oleh pemenang kontrak.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Ir Antonius Tonny Budiono dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Syahbandar Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Capt. Hari Setyobudi meminta kepada 8 galangan kapal pemenang tender agar menyelesaikan pembangunan kapal tepat waktu dan dilakukan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan dalam kontak kerja.

Sebagaimana diketahui, sektor kemaritiman telah menjadi prioritas pembangunan Pemerintahan Jokowi – JK melalui program Nawa Cita. Gagasan besar untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi – JK dimana salah satunya akan dicapai melalui perwujudan program tol laut.

Program tersebut bertujuan mewujudkan sistem jalur distribusi logistik secara tetap dan terjadwal menggunakan angkutan kapal barang dari ujung barat hingga timur dan dari utara ke selatan Indonesia.

Karena itulah, pembangunan kapal-kapal kontainer oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut diharapkan dapat menciptakan efisiensi biaya transportasi barang, penyediaan angkutan barang yang tetap, teratur dan terjadwal serta mampu mengurai persoalan distribusi logistik nasional, sehingga ke depan akan tercipta sistem logistik yang handal di seluruh wilayah Indonesia.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY