Ditugaskan Kelola Kapal Perintis, Pelni Tunggu Perpres Pengesahan

0
369
KM Ciremai - Kapal Penumpang Pelni

Jakarta – (suaracargo.com)

Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Capt. Bobby R Mamahit menyebutkan, penunjukan PT Pelni oleh Kemenhub untuk mengelola dan mengoperasikan kapal-kapal perintis milik negara tinggal menunggu pengesahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Tinggal menunggu Perpres (Peraturan Presiden) ditandatangani oleh Presiden Jokowi,” kata Bobby, seperti dilansir maritimedia.com.

Bobby menjelaskan, saat ini Ditjen Hubla memiliki 96 rute perintis. 52 trayek dilayani oleh kapal-kapal negara yaitu KM Sabuk Nusantara. Sedangkan 44 trayek lainnya dilayani oleh kapal-kapal milik swasta.

“Ke-52 trayek itulah yang diserahkan pengelolaan dan operasionalnya kepada PT Pelni. Sedangkan sisanya tetap dilayani oleh perusahaan swasta,” jelas Bobby.

Lebih lanjut Bobby menjelaskan salah satu alasan penyerahan operasional kapal perintis ke PT Pelni diantaranya adalah agar tidak terjadi tumpang tindih trayek. Selain itu, integrasi atau konektivitas antar trayek PT Pelni dengan trayek kapal perintis bisa terbentuk dengan adanya penyerahan trayek tersebut.

Konsekuensi atas pemberian tugas ke PT Pelni tersebut pemerinta berkewajiban memberikan subsidi operasi dalam bentuk PSO (Public Service Obligation). “Untuk tahun anggaran 2016 ini besaran subsidinya sekitar Rp800 miliar hingga Rp1 triliun,” ujar Bobby.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here