DKI Tetap Lanjutkan Pembangunan Pelabuhan Kalibaru Meski Ada Penolakan

0
361
Foto aerial proyek pembangunan Pelabuhan Kalibaru atau Terminal New Priok di Kalibaru, Jakarta Utara, Senin (18/1). PT Pelindo II menyatakan trial operation Container Terminal 1 New Priok yang mampu disandari kapal berukuran 20.000 TEUs siap diluncurkan pada akhir Januari 2016 dan akan disusul dengan pengoperasian secara penuh pada Juli 2016. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/ama/16.

Jakarta – (suaracargo.com)

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Tuty Kusumawati mengatakan, proyek pembangunan Pelabuhan Kalibaru di Jakarta Utara akan dilanjutkan. Tuty menilai, sah-sah saja pembangunan pelabuhan diteruskan jika tidak melanggar aturan.

“Kalau memang diperuntukkan ruang dan memungkinkan untuk adanya pelabuhan, mengapa tidak,” ujar Tuty, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (10/3/2017).

Pernyataan Tuty disampaikan guna menanggapi penolakan sejumlah warga Kalibaru terhadap pembangunan pelabuhan tersebut. Hal itu disampaikan saat laporan reses pertama DPRD DKI Jakarta di Gedung DPRD DKI, Kamis (9/3/2017).

Tuty menambahkan, saat pertemuan konsultasi Kajian lingkungan hidup Strategis (KLHS) untuk kelanjutan proyek reklamasi Teluk Jakarta hari ini, Pemprov DKI juga telah mengundang perwakilan dari perhimpunan nelayan jika ada penolakan atau masalah yang ingin disampaikan.

“Perwakilannya sudah kami undang tadi, himpunan nelayan,” ujar Tuty, seperti dilansir kompas.com.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengatakan bahwa pihaknya akan mengkaji ulang sejumlah usulan yang disampaikan saat laporan hasil reses DPRD DKI Jakarta, salah satunya penolakan terhadap pembangunan pelabuhan di Kalibaru, Jakarta Utara. Sumarsono menilai, akan cukup merepotkan jika pelabuhan tersebut harus dipindahkan sedangkan sudah ada kajian yang menyatakan bahwa kawasan itu cocok dijadikan kawasan pelabuhan.

“Satu hal yang nampaknya perlu dibahas dan agak menyolok adalah penolakan masyarakat terkait reklamasi di kawasan pantai di Kelurahan Kalibaru, dan rencananya pembangunan pelabuhan di kawasan tersebut. Ini kan kalau pelabuhan ada studinya. Kalau pemindahan perlu dilihat kembali,” ujar Sumarsono di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis sore. Selain pembangunan Pelabuhan Kalibaru, ada juga penolakan proyek reklamasi yang disampaikan saat laporan reses DPRD DKI.

Penulis : David Oliver Purba
Editor : M. Nahar

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here