Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pemerintah Keluarkan Paket-Paket Kebijakan Ekonomi

0
302
bongkar muat pupuk di Pelabuhan Tanjung Wangi (beritajatim.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Pemerintah telah mengeluarkan sejumlah paket kebijakan ekonomi untuk mendorong pertumbuhan investasi dan mendongkrak ekspor. Langkah ini dilakukan untuk menggairahkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Sebagaimana dirangkum dari situs berita liputan6.com, sejak September 2015 lalu hingga saat ini, pemerintah telah mengeluarkan 10 paket kebijakan ekonomi. Memang butuh waktu dalam merealisasikan paket-paket kebijakan itu hingga tahap di lapangan karena setiap paket kebijakan tersebut membutuhkan payung hukum yang jelas.

Salah satu contohnya adalah pembangunan pusat logistik berikat. Pusat logistik tersebut masuk dalam paket kebijakan ekonomi jilid I dan II yang telah dikeluarkan pada akhir 2015. Namun, untuk bisa sampai di tahap realisasi, proyek itu membutuhkan waktu 2 bulan lebih karena memang harus benar-benar disiapkan dengan sungguh-sungguh sehingga pada saat pelaksanaan tidak ada kekurangan.

Dalam misinya, dengan adanya pusat logistik ini, perusahaan tidak perlu impor atau mengambil barang dari luar negeri karena barang yang dibutuhkan cukup mengambil dari gudang berikat.

Selain itu, dengan kehadiran pusat logistik berikat ini, masalah waktu bongkar muat (dwelling time) juga diharapkan dapat berkurang. Kegiatan usaha pun menjadi lebih efisien. Efisensi ini juga diharapkan dapat menekan biaya logistik.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here