Dukung Perdagangan, Pemerintah Bangun KEK di Beberapa Kawasan

0
442
ilustrasi gudang peti kemas (industri.bisnis.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Pemerintah saat ini tengah membangun beberapa kawasan ekonomi khusus (KEK). Salah satu KEK yang sedang dibangun adalah KEK di Morowali, Sulawesi Tengah. Menurut Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola, pada KEK ini nantinya akan dibangun pelabuhan khusus. Pelabuhan ini nantinya akan digunakan untuk mendukung kegiatan perdagangan pada kawasan tersebut .

“Itu memang ada usulan pelabuhan, bahkan di KEK itu ada bandara khusus . Nanti di sana ada 5 smelter, yang satu udah ada yakni PT bintang delapan. Untuk ekspor feronikel. Lalu yang Dongi Senoro yang oil and gas. Itu yang pengaruhi pertumbuhan ekonomi kita,” tuturnya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/3/2017).

Selain pelabuhan, pemerintah Sulawesi Selatan juga akan fokus pada pembangunan jalan. Namun, pembangunan ini akan dilakukan dengan skema kerjasama bersama pihak swasta. “Itu kayak jalan Palu Parigi udah masuk RPJMN dan buku Perpres 3 2016 tapi belum, katanya karena negara belum ada uang. Maka saya tawarkan apa enggak pakai KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha) aja,” jelasnya. Selain itu, proyek bandara juga akan dikembangkan.

Namun, proyek ini masih terkendala pembebasan lahan. “Bandara yang kami minta kayak gitu. Bahkan kata Presiden langsung dikerjasmaakan untuk beberapa bandara kaya Palu agar bisa dilelang dan dikelola swasta. Tapi kalau bandara udah jadi cuma ingin pengembangan. Kami merasa berat ganti rugi tanah karena bandaranya di kota. Harga mahal sekali bisa abis APBD kita,” ungkapnya, seperti dilansir okezone.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here