Dukung Poros Maritim, Dishub Dumai Revitalisasi Pelabuhan

0
328
Ilustrasi Pelabuhan (inaport1.co.id)
Ilustrasi Pelabuhan (inaport1.co.id)

Dumai – (suaracargo.com)

Guna mendukung percepatan terbentuknya poros maritim Indonesia, Dinas Perhubungan (Dishub) Dumai akan segera merevitalisasi keberadaan sejumlah pelabuhan penumpang dan barang di daerah ini.

Kepala Dishub Dumai, Bambang Sumantri mengatakan bahwa rencana revitalisasi ini sudah harus dilakukan mengingat sejauh ini masih ada keterbatasan kewenangan pemerintah daerah Dumai terhadap pengelolaan suatu pelabuhan.

“Wewenang yang terbatas di sejumlah pelabuhan kedepannya akan diupayakan suatu bentuk perubahan dalam pengelolaan supaya pemerintah daerah bisa berwenang penuh mengelola potensi kepelabuhanan tersebut,” jelasnya, Senin (10/11/14), sebagaimana dilansir riauterkini.com.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi yang terkait masalah kepelabuhanan untuk membahas langkah-langkah mempercepat terwujudnya pelabuhan Dumai sebagai salah satu poros maritim di Provinsi Riau.

Sejauh ini, menurut dia, pelabuhan barang dan penumpang yang ada belum sepenuhnya dikelola pemerintah daerah, sehingga penerimaan keuangan belum optimal.

Selain itu, revitalisasi ini juga merupakan salah satu upaya meningkatkan pelayanan kepelabuhanan pemerintah kepada seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat umum.

Dia menilai, bidang pelabuhan yang merupakan salah satu urusan Dishub Dumai ini, kedepannya nanti bisa diharapkan untuk memberikan kewenangan penuh kepada daerah untuk mengelola sendiri demi pelayanan lebih optimal dan menguntungkan keuangan pemerintah.

“Karena pelabuhan Dumai direncanakan mendukung poros maritim, maka pemerintah Dumai telah bergerak cepat melakukan langkah koordinasi dan memikirkan upaya untuk mewujudkan hal tersebut,” sebutnya.

Pengelolaan bidang kepelabuhanan pada Dishub Dumai, menurut dia belum maksimal dan tidak berkontribusi positif bagi keuangan daerah, dan dengan rencana revitalisasi ini diupayakan pelabuhan lebih berkontribusi positif.

“Kita sangat siap dan mendukung jika pelabuhan Dumai direncanakan sebagai salah satu pelabuhan poros maritim karena akan banyak keuntungan dan potensi keuangan yang bisa diperoleh untuk kemajuan daerah,” jelasnya.

Sebelumnya, Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman menyebutkan, Pemerintah Provinsi Riau mendapat kehormatan untuk menyiapkan pelabuhan internasional di Dumai sebagai salah satu dari 24 pelabuhan yang disiapkan melaksanakan program pengembangan daerah maritim.

Pelabuhan Dumai diketahui sejauh ini sudah menjadi pintu masuk bagi ribuan kapal internasional untuk aktivitas ekspor impor migas dan minyak mentah kelapa sawit ke berbagai negara di belahan dunia dengan penerimaan pajak mencapai triliunan rupiah tiap tahun.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here