Dukung Tol Laut, Indonesia Butuh 12 Pelabuhan Internasional

0
456
ilustrasi peti kemas di pelabuhan Tanjung Priok
ilustrasi peti kemas di pelabuhan Tanjung Priok

Untuk mendukung rencana program Presiden Joko Widodo membuat tol laut, Indonesia perlu memiliki 12 pelabuhan laut berstandar internasional.
Saat ini sudah ada tiga pelabuhan yang tergolong besar yakni Tanjung Priok di Jakarta, Tanjung Perak di Surabaya maupun pelabuhan yang ada di Makassar sehingga perlu membangun sembilan pelabuhan lagi.

Indonesia pun perlu mengadopsi konsep VOC yang saat penjajahan lalu mempunyai jalur perdagangan dari Sabang hingga bagian timur Indonesia.
“Jika ini tercapai maka akan memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat. Apalagi ditambah dengan potensi dalam laut yang nilainya tidak terhingga,” kata Nada F Soraya dari Yayasan Pendidikan Maritim Indonesia di Jakarta, Rabu (19/11/2014), sebagaimana dilansir oleh tribunnews.com.

Pengembangan sektor kelautan juga harus dilakukan secara terintegrasi dan secara nasional. Artinya, tiap-tiap provinsi mempunyai peranan masing-masing, sehingga tidak tumpang tindih dalam pengembangannya.

“Misalnya wilayah Kepulauan Riau wilayah perairannya difokuskan mengarap sektor perikanan, sedangkan provinsi lainnya difokuskan industri dengan membangun pelabuhan,” katanya.

Pemerintah segera menentukan cluster-cluster yang akan dikuatkan sektor industri serta membangun pelabuhan di lokasi itu.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here