Dukung Tol Laut, Kemenhub Bangun 50 Kapal Perintis dan 3 Kapal Induk Perambuan

0
279
ilustrasi Pelabuhan (sindonews.com)

Surabaya – (suaracargo.com)

Kementerian Perhubungan meresmikan pembangunan 50 unit kapal perintis dan tiga unit kapal induk perambuan pada Rabu (02/12), di PT Dumas Tanjung Perak Shipyard, Surabaya.

“Pembangunan kapal perintis ini dilakukan dalam rangka mengimplementasikan Program Tol Laut yaitu untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi nasional dan meningkatkan konektivitas antarpulau di daerah terpencil serta untuk menjamin tersedianya kebutuhan bahan pokok dan tumbuhnya pusat-pusat perdagangan dan industry”, kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Capt. Bobby R. Mamahit.

Bobby menjelaskan, pembiayaan pembangunan kapal perintis ini dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara Tahun Anggaran 2015-2017 dengan total sekitar Rp 3,5 triliun. Dengan rincian, kapal yang dibangun yakni 25 unit kapal tipe 2000 GT, 20 unit kapal tipe 1200 GT, lima unit kapal tipe 750 DWT, dan tiga unit kapal induk perambuan.

“Penandatanganan kontrak pembangunan kapal perintis telah dilaksanakan pada 23 Oktober 2015 dan 2 November 2015 yang lalu, sedangkan penandatanganan kontrak pembangunan kapal induk perambuan telah dilaksanakan pada 7 Oktober 2015”, jelas Bobby, seperti dilansir maritimedia.com.

Bobby menambahkan pembangunan kapal induk perambuan adalah bertujuan untuk mewujudkan keselamatan pelayaran di perairan Indonesia. “Kapal-kapal ini direncanakan untuk menunjang tugas Ditjen Perhubungan Laut di bidang kenavigasian seperti pemasangan dan pemeliharaan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP), mengantar gilir tugas dan perbekalan penjaga menara suar, serta dapat membantu tugas SAR dalam melakukan pencarian,” pungkas Bobby.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here