Dukung Tol Laut, Manado Siap Buat Pelabuhan

0
210

Manado – (suaracargo.com)

Pemerintah Kota Manado telah menyiapkan satu daerah khusus untuk pembangunan pelabuhan umum di Kota Manado. Wali Kota Manado G.S. Vicky Lumentut mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan daerah di Kecamatan Bunaken, tepatnya di Kelurahan Bailang untuk dibangun pelabuhan.

“Wilayah Bailang memang sudah kami siapkan dengan melihat kondisi wilayah dan laut yang baik untuk dijadikan pelabuhan,” kata Lumentut, sebagaimana dilansir tempo.co, Kamis, 13 November 2014.

Lumentut yang juga Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ini mengakui bahwa untuk mendukung pembangunan pelabuhan tersebut, pihaknya telah memberikan akses jalan tol untuk para investor yang akan menanamkan modal pembangunan di Kota Manado. Lumentut juga menjamin tidak ada lagi birokrasi panjang bagi para investor yang ingin berinvestasi di Manado.

Menurut Lumentut, Kota Manado sebenarnya telah memiliki pelabuhan yang ada di kawasan Kalimas. Namun, pelabuhan tersebut akan dijadikan sebagai pelabuhan pariwisata. “Nah di wilayah Bailang itu nantinya kita jadikan pelabuhan umum. Sementara di Kalimas kita jadikan sebagai pelabuhan khusus pariwisata yang ingin ke Bunaken dan daerah wisata lainnya,” tutur Lumentut.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo dalam KTT APEC menyampaikan dalam pidatonya menyebutkan jika Sulawesi Utara akan dikembangkan sebagai daerah pelabuhan. Jokowi juga menawarkan kepada para investor dari negara-negara APEC untuk masuk ke wilayah Sulawesi dan Maluku untuk menanamkan modal mereka di bidang pelabuhan dan kereta api.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY