Dukung Tol Laut, Pemerintah Tetapkan 24 Pelabuhan

0
448
infografis Tol Laut (Pontianak Post)

Jakarta – (suaracargo.com)

Pemerintah telah menetapkan 24 pelabuhan untuk mendukung tol laut. Ditargetkan, pada tahun 2019 nanti akan ada 100 pelabuhan.

“Sebagai pendukung, turut dibangun 47 pelabuhan nonkomersial dan 41 pelabuhan sedang dalam proses pembangunan,” kata Presiden Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraan di depan Sidang Bersama DPR/DPD RI Tahun 2016 di Jakarta, Selasa (16/8).

Selain pelabuhan, pemerintah pun menyiapkan kapal-kapalnya. Rinciannya, sebanyak tiga kapal pada tahun 2015 dan 30 kapal ditargetkan pada tahun 2016.

“Ini untuk mewujudkan gagasan kita menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Lautan adalah masa depan bangsa, Jalesveva Jayamahe,” kata Presiden, seperti dilansir dari Antara oleh republika.co.id.

Sementara itu, ujar dia, pemerintah juga mempercepat pembangunan bandar udara sebagai wujud pembangunan jembatan udara. Presiden menuturkan, pada tahun 2016 ini, sembilan bandara telah dikembangkan sehingga memiliki standar yang lebih tinggi, dan enam bandara telah resmi dibuka pada 2016.

banner-csm-atas

Dalam hal jalur penerbangan, Pemerintah telah menemukan solusi untuk mengatasi kepadatan jalur penerbangan utara Pulau Jawa.

“Dapat saya sampaikan bahwa perencanaan untuk membuka jalur penerbangan selatan Pulau Jawa sekarang ini sudah dimulai,” papar Jokowi.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here