Dukungan Logistik Penting Bagi Penanggulangan Bencana

0
360
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sedang melihat gudang logistik di Kantor BPBD Provinsi Jawa Tengah, Selasa (26/4). (suaramerdeka.com/ Cun Cahya)

Semarang – (suaracargo.com)

Dukungan logistik dalam penanggulangan bencana sebagai bagian yang sangat penting dari upaya indeks pengurangan risiko bencana. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Willem Rampangilei saat meresmikan gedung logistik dan gelar peralatan penanggulangan bencana di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Tengah, Selasa (26/4).

Menurutnya, Jawa Tengah merupakan provinsi yang mempunyai kerawanan terhadap bencana. Tetapi juga mempunyai keguyuban dan gotong royong dalam tanggap bencana dan pemulihan.”Persiapan logistik adalah parameter upaya pengurangan risiko bencana. Karena tanpa dukungan logistik yang bagus pengurangan resiko bencana tidak bisa dilakukan maksimal,” katanya, seperti dilansir suaramerdeka.com.

Willem berharap, dukungan logistik ini betul-betul dapat dimanfaatkan secara cepat dan tepat saat dibutuhkan. Dukungan logistik menjadi tantangan bagi BPBD Jawa Tengah untuk dapat menjamiin kualitas dukungan logistik dan serta peralatannya.

“Kita harus menurunkan indeks risiko penanggulangan bencana yakni 30 persen dan Semarang adalah satu dari 100 kota sebagai kota tangguh secara internasional,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menambahkan, gudang logistik ini akan siap sedia 24 jam jika terjadi bencana di Jawa Tengah. ”Inilah kerjasama pemerintah, swasta dan masyarakat. Sehingga masyarakat tidak usah khawatir jika terjadi bencana kita sanggup menangani ini tinggal kerjasamanya dengan masyarakat,” imbuhnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY