Dwelling Time di Pelabuhan Makassar Kembali Alami Penurunan

0
526
ilustrasi pelabuhan di Makassar

Makassar – (suaracargo.com)

Dwelling Time (DT) atau waktu bongkar muat peti kemas Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar kembali menyusut menjadi 2,76 hari per 27 Oktober 2016. Kondisi itu sudah mulai endekati target akhir tahun, yaitu 2,5 hari. Sebelumnya, kecepatan DT di sana mencapai 2,95 per 19 Oktober 2016 dari angka awal (periode instruksi Presiden) 4,79 hari pada Agustus 2016.

Kepala Otoritas Pelabuhan (OP) Makassar, Adolf R Tambunan, Minggu (30/10) mengatakan, penurunan didorong dari semua proses DT mulai dari pre-custom, custom, hingga post-custom.

“Semua tahapan dipangkas maksimal. Tadinya yang bisa kami pangkas serendah rendahnya hanya custom dan post-custom, kini pre-custom pun sudah bisa kami sesuaikan dengan target,” katanya, seperti dilansir tribun-timur.com.

Berikut rincian perbandingan lama proses: DT antara bulan Agustus dengan 27 Oktober 2016. Pre-custom 2,99 hari menjadi 1,47 hari, custom dari 0,67 hari menjadi 0,15, dan post-custom dari 1,03 hari jadi proses post custom dari angka 1,03 hari menjadi 0,91 atau jauh dibawah target pemerintah sekitar 0,5 hari. Tahap costum terpangkas dari 0,68 menjadi 0,10 hari dimana target pemerintah 1,0 hari jadi 0,98 hati.

Guna mencapai target akhir 2,5 hari nanti, pihaknya beserta para stelholder terkait akan memberlakukan sistem administrasi terpadu satu pintu.

“Selama ini, waktu terbuang banyak di pre costum karena pengurusan berkas lama karena kordinasinya satu persatu. Nantinya penyampaian informasi kehadiran barang akan dilakukan tiga hari sebelum kapal berlabuh di pelabuhan,” katanya.

Selanjutnya, OP Makassar akan berkordinasi dengan kantor pusat dirjen Perhubungan Laut (Hubla) mengupayakan hadirnya aplikasi delivery order (DO) online. “Aplikasi terpadu online dengan inaportnet guna memonitoring barang impor di Terminal Petikemas Makassar (TPM),” katanya.

Penulis: Rasni
Editor : M. Nahar

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here