Ekspor Lebih Didominasi Pelabuhan Luar Jambi

    0
    376
    ilustrasi terminal peti kemas (tribun-medan.com)
    ilustrasi terminal peti kemas (tribun-medan.com)

    Jambi – (suaracargo.com)

    Ekspor barang melalui pelabuhan di Jambi mengalami penurunan 11,62 persen. Penyebab utama penurunan ekspor Mei 2015 karena turunnya transaksi sektor industri 19,60 persen. Hampir semua kelompok industri Migas menurun dari 66,64 juta dolar As menjadi 53,57 juta AS.

    Sementara itu, ekspor pertambangan berada di kisaran 28,28 persen, atau senilai 28,07 juta dolar AS. Ekspor pertanian mengalami kenaikan 4,06 persen dibanding bulan sebelumnya. Secara volume ekspor pertanian sebesar 6,90 ribu ton.
    “Ekspor sesuai permintaan dari luar, persaingan di luar dengan negara-negara lain,” papar Totok Abdul Fatah, Kabid distribusi BPS Provinsi Jambi, dalam keterangan BPS, Senin (15/6).

    BPS menyampaikan ekspor dari luar provinsi Jambi mengalami kenaikan 2,96 persen. Ekspor melalui pelabuhan luar Jambi ini malah lebih tinggi dibanding dari pelabuhan yang di Jambi. Data yang disampaikan BPS nilai ekspor melalui pelabuhan di Jambi secara total 90,01 juta dolar AS.

    Sedangkan dari pelabuhan luar Jambi nilainya mencapai 124,4 juta dolar AS. Hal ini menjadi fenomena ekonmi yang tidak menguntungkan provinsi Jambi, sebab secara pajak maupun retribusi tak memberikan dampak perdagangan yang postif bagi daerah.

    Ekspor melalui pelabuhan luar Jambi terbesar adalah Migas dengan peran terhadap total ekspor Januari-Mei 2015 sebesar 93,95 persen. setelah itu karet dan olahannya 4,72 persen. Menurut yang disampaikan BPS ekspor dari luar Jambi berada di pelabuhan provinsi Sumsel, Sumatera Barat dan provinsi tetangga Jambi lainnya. Infrastruktur yang memadai serta kapasitas pelabuhan menjadi penyebab utama eksportir memilih jalur luar Jambi.

    Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here