Evakuasi Penumpang KM Lestari Maju Selesai

0
39

SUARACARGO.COM, JAKARTA – Seluruh penumpang KMP Lestari Maju yang kandas di perairan Selayar, Sulawesi Selatan telah selesai dievakuasi.

Dalam keterangan resmi Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang diterima Bisnis, Rabu (4/7/2018), disebutkan evakuasi para penumpang di atas kapal telah selesai dilakukan pada Rabu (4/7) pukul 00.05 WITA dengan menggunakan kapal-kapal nelayan dan tim SAR terpadu.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Kemenhub R. Agus H. Purnomo menjelaskan sisa penumpang di atas kapal KMP Lestari Maju sudah berhasil dievakuasi dengan selamat.

“Nakhoda dan pemilik kapal merupakan dua orang terakhir yang turun dari kapal KMP Lestari Maju yang dievakuasi tim SAR,” ujarnya.

Cuaca buruk menghambat proses evakuasi para penumpang karena menyulitkan kapal penyelamat untuk merapat ke lokasi KMP Lestari Maju. Apresiasi diberikan kepada tim SAR yang telah memaksimalkan evakuasi dengan hati-hati dan terencana.

Agus kini mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuju lokasi musibah KMP Lestari Maju untuk memastikan dan melihat langsung langkah-langkah lanjutan setelah musibah itu terjadi.

“Saya menyampaikan turut berduka cita bagi para korban meninggal dunia atas musibah KMP Lestari Maju di perairan Selayar. Saya dan jajaran Perhubungan Laut sangat prihatin dengan adanya kejadian ini,” ujarnya.

Berdasarkan data Rabu (4/7) pukul 01.54 WITA, sebanyak 29 orang penumpang meninggal dunia, 69 orang selamat, dan 41 orang sisanya masih dicari. Sesuai manifes, terdapat 139 orang penumpang dan 48 kendaraan.

Dari total penumpang selamat, 34 orang di antaranya dirawat di rumah sakit.

Soal penyebab musibah KMP Lestari Maju, Agus menyerahkan sepenuhnya pada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Kami fokus pada penanganan penumpang yang telah dievakuasi,” tuturnya.

Kemenhub terus berkoordinasi dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) untuk memastikan jumlah korban yang meninggal.

Sebelumnya, Kemenhub menegaskan kapal penyeberangan KMP Lestari Maju sengaja dikandaskan dan tidak tenggelam seperti informasi yang beredar. Kapal itu dikandaskan sekitar 300 meter dari Pantai Pabadilang, perairan Selayar, Kabupaten Bulukumba, Sulsel, Selasa (3/7) pukul 14.30 WITA.

KMP Lestari Maju merupakan Kapal jenis ro-ro yang melayani lintas penyeberangan Bira-Pamatata.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here