Forum Bahas Perbedaan Jam Operasional Truk di Gowa dan Makassar

0
534

Perbedaan pandangan tentang pengoperasian truk dalam kota antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar perlu segera dicarikan jalan keluar. Sebab, jika tidak segera disinergikan, akan berdampak terhadap kehidupan sosial dan kesejahteraan sopir truk dan dampak pembangunan baik di Gowa maupun di Makassar.

Keprihatinan ini terungkap dalam diskusi publik yang diselenggarakan Forum Pemerhati Ruang Publik bekerjasama dengan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Sulsel, di Cafe Rally, Jl Pettarani, Kamis (2/10).

Hadir sebagai pembicara dalam forum tersebut antara lain, Ketua MTI Sulsel Lambang Basri Said, Pengamat Ekonomi Muhammad Yusri Zamhuri, dan Ketua Himpunan Pemilik dan Sopir angkutan Tambang Galian C Andi Norman.

Muhammad Yusri mengungkapkan, aturan larangan operasional truk yang saling tumpang tindih antara Pemkab Gowa dan Pemkot Makassar telah mengakibatkan dampak ekonomi yang buruk terhadap para sopir truk. Aturan-aturan itu juga berimplikasi negatif terhadap pengembangan pembangunan baik infrastruktur maupun pembangunan komersil.

” Aturan ini sangat mengganggu perkenomian di daerah dan sangat tidak adil bagi para sopir truk. Dimana jam operasional ke dua daerah saling berlainan,” ujar Yusri sebagaimana dilansir rakyatsulsel.com.

Sementara itu, Andi Norman sebagai pengusaha tambang galian mengungkapkan bahwa kedua kebijakan yang saling bertentangan ini sangat mengganggu keberlanjutan usaha pertambangan dan pengangkutannya.

“Efeknya, banyak sopir truk yang terpaksa memarkir mobilnya di rumah karena khawatir melanggar dua aturan tersebut. Akibat lainnya, banyak pengusaha dan sopir truk terpaksa harus menjual truk akibat kesulitan membayar cicilan lantaran regulasi larangan operasional tersebut,” ujar Andi.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here