Forum Komunikasi PFSO Pelindo III Tanjung Emas Diresmikan

0
411
Forum Komunikasi PFSO Pelindo III Tanjung Emas (maritimmedia.com)
Forum Komunikasi PFSO Pelindo III Tanjung Emas (maritimmedia.com)

Semarang – (suaracargo.com)

Demi menambah tingkat keamanan di dalam Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Forum Komunikasi PFSO Pelabuhan Tanjung Emas diresmikan pada hari Kamis (26/03). Forum tersebut diikuti oleh Pelindo III Tanjung Emas, TPKS, PT Kayu Lapis Indonesia, PT Sriboga, PT Pertamina, PT Opsico dan PT Indonesia Power dan bertempat di Ruang Sebaguna TPKS.

Acara yang diikuti oleh Pimpinan Perusahaan di wilayah Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tersebut mengagendakan Drill ISPS Code (Praktek Latihan) dan pemberian materi tentang Pengamanan Terpadu dan Pengenalan Dasar ISPS Code. Tri Suhardi selaku GM Pelindo III Tanjung Emas hadir dalam workshop tersebut bersama Iwan Sabatini, Anang Wibowo sebagai Ketua FK-PFSO, Imam Zamroni Kapolsek KP3 dan Kepala KSOP Karolus Sengadji.

Forum Komunikasi PFSO Pelabuhan Tanjung Emas (FK-PFSO) merupakan wadah kerjasama PFSO yang dibentuk berdasarkan AD/ART yang telah disahkan dengan Akta Nomor 07 tanggal 13 Februari 2015 dan didirikan pada tanggal 10 Oktober 2012. “FK-PFSO merupakan tempat berkoordinasi dalam bidang keamanan di wilayah Pelabuhan Tanjung Emas,” kata Tri Suhardi sebagaimana dilansir maritimmedia.com. Penjelasan itu diberikan oleh Tri saat saat menghadiri workshop tersebut. Tri juga menambahkan bahwa Pelabuhan Tanjung Emas merupakan satu – satunya Pelabuhan di Indonesia yang mempunyai PFSO.

Port Facility Security Officer (PFSO) atau Petugas Keamanan Fasilitas Pelabuhan adalah personil yang ditugaskan sebagai penanggungjawab untuk pengembangan, penerapan, perubahan dan pemeliharaan dari rancangan keamanan fasilitas pelabuhan. Para petugas itu juga bertugas untuk berhubungan dengan petugas keamanan kapal dan petugas keamanan perusahaan.

Sebanyak ± 50 peserta yang terdiri dari petugas security dan perwakilan perusahaan di wilayah Pelabuhan Tanjung Emas hadir dalam acara workshop tersebut. Dalam sambutannya, Anang Wibowo Ketua FK-PFSO mengungkapkan pentingnya kebersamaan semua pihak dalam memberikan pengamanan dan penertiban di wilayah Pelabuhan Tanjung Emas.

Pada akhir acara, dilaksanakan praktek latihan (drill) oleh gabungan petugas keamanan, dimana dalam situasi dikondisikan terdapat penyusup yang berusaha memusnahkan asset perusahaan. Maka, dengan sigap para petugas keamanan menangkap penyusup tersebut. Selain itu, drill juga difokuskan dalam pelatihan pemadaman kebakaran, sebagai persiapan bila sewaktu – waktu terjadi kebakaran.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here