Gaikindo Dukung Konsep Tol Laut

0
556
Ekspor Inova ke Thailand (otomotif.kompas.com)
Ekspor Inova ke Thailand (otomotif.kompas.com)

Jakarta – (suaracargo.com)
Rencana Pemerintah Indonesia menciptakan infrastruktur tol laut untuk meningkatkan efektivitas mendapat dukungan penuh Gaikindo selaku pengusaha dari industri otomotif. Menurut Gaikindo, keberadaan fasilitas pengantaran barang yang lebih mumpuni akan lebih mengefektifkan pengiriman mobil ke berbagai wilayah di daerah – daerah.

“Kami akan senang kalau itu jadi (tol laut), pengangkutan mobil akan lebih cepat. Kalau sekarang kita mengirim mobil ke Manado atau Bitung, butuh waktu tiga minggu sampai sebulan. Kalau adanya tol laut bisa jadi seminggu, sangat bagus sekali,” jelas Sudirman Maman Rusdi, Ketua Umum Gaikindo, sebagaimana dilansir KompasOtomotif, Senin (27/10/2014).

Selain lebih cepat, lanjut Sudirman, infrastruktur tol laut akan membuat biaya distribusi pengiriman barang-barang kebutuhan hidup, termasuk mobil, menjadi lebih murah. “Kalau sekarang mengirim barang ke Jepang biayanya lebih murah ketimbang ke timur (Indonesia),” ungkap Sudirman.

Transportasi

Namun, jika fokus pemerintahan Presiden Jokowi berkiblat pada pembangunan potensi maritim Indonesia, apakah sarana transportasi lainnya, seperti darat dan udara, akan terkesampingkan?

Menanggapi hal itu, Sudirman mengaku tidak khawatir. Meski fokus pada infrastruktur kelautan, transportasi darat juga akan terintegrasi dan tetap dikembangkan.

“Kalau transportasi laut dikembangkan, di darat tetap butuh sarana yang menunjang. Jadi, menurut saya, tetap akan sejalan pengembangannya nanti,” imbuh Sudirman.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here