Genjot Pendapatan, Adaro Energy Optimalkan Bisnis Logistik

0
320
Gedung Adaro (republika.co.id)

Jakarta – (suaracargo.com)

Masih lesunya harga komoditas, termasuk batu bara, membuat PT Adaro Energy Tbk (ADRO) untuk mencari alternatif lain untuk menggenjot pertumbuhan bisnis mereka ke depan. Tahun ini, perseroan akan fokus pada pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). “Perseroan tidak hanya akan fokus pada bisnis intinya. Saat ini perseroan akan memaksimalkan lini bisnis lainnya seperti logistik dan power plant. Hal ini disebabkan fluktuasi harga komoditas batu bara yang membuat perseroan akan memutar otak.”kata Direktur Keuangan Adoro Energy, David Tendian di Jakarta, Senin (18/4).

Disebutkan oleh David, ke depan bisnis batu bara menjadi sepertiga, logistik sepertiga dan juga power plant atau listrik sepertiga. Diakui David, bisnis di luar batu bara saat ini menunjukkan perkembangan yang cukup positif. Pendapatan dari non-mining tercatat meningkat menjadi 40%. Capaian tersebut meningkat signifikan dibanding pendapat sektor non-mining tahun lalu, yang hanya mencapai 19%.

Sementara Presiden Direktur Adaro Energy, Garibaldi Thohir merincikan, pendapatan di lini bisnis logistik 2015 telah menyumbang 20% dari total pendapatan perseroan. Capaian tersebut diyakini masih bisa meningkat, seiring dengann digalakkannya program pembangunan pembangkit listrik 35 ribu MW, yang sebagian besar butuh bahan bakar batu bara.”Kalau msialnya 5-10 tahun lagi PLTU Batang saja mulai beroperasi dan membutuhkan batu bara 10 juta ton dan Adaro dapat tujuh juta ton. Pertanyaannya yang angkut siapa, ya jelas logistik kita. Karena itu, paling efisien. Jadi, kami yakin bisa tumbuh sampai 33% porsinya,”ungkapnya, seperti dilansir neraca.co.id.

Namun, dirinya menegaskan bahwa perseroan tetap akan fokus untuk mengembangkan bisnis inti penambangan batu bara. Pasalnya, jika lini bisnis non-batu bara naik maka core bisnis juga akan terkerek naik.”Otomatis logistik akan terintegrasi from mine to pit to port. Kalau saya lihat yang power plant sekarang 2×30 MW kita bisa berikan kontribusi lima sampai 10%,” tuturnya.

Selanjutnya, kata Garibaldi Thohir, perseroan juga ingin mengoptimalkan pembangunan tambang batu bara di Sumatera Selatan dan Kalimantan Timur.”Tentunya ingin optimalkan tambang batu bara yang katakan lah secara lokasi agak jauh seperti Sumsel dan Kaltim dengan mengoptimalkan dan jadikan konsesi ini menjadi mine mouth power plant. Jadi, yang Sumsel, Kaltim dan sebagian Kalsel pelan-pelan akan kita upayakan jadi mine mouth power plant,” jelas dia.

Bagikan Dividen

Melalui pembangunan mulut tambang tersebut, perseroan bisa ikut mengimplementasikan program pemerintah membangun 35.000 Mega Watt (MW). Dengan begitu, perseroan juga bisa mampu berkontribusi dalam pembangunan PLTU di Jawa dan Luar Jawa. Kemudian berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST), PT Adaro Energy Tbk akan membagikan dividen sebesar US$ 75,49 juta atau sekitar Rp981,37 miliar (kurs Rp13.000) untuk tahun buku 2015 meski kondisi harga batubara sedang berada dalam tren pelemahan.

Disebutkan, dana dividen itu merupakan 49% dari laba bersih perseroan tahun buku 2015 yang sebesar US$ 152,44 juta. Lalu sekitar US$ 75,43 juta dari laba bersih tahun buku 2015 akan dimasukan sebagai saldo laba., dan sisanya sebesar US$ 1,52 juta digunakan sebagai dana cadangan. Perseroan sendiri mengklaim bila posisi keuangan tetap kokoh dan tetap dapat menjaga neraca keuangan yang sehat dan likuiditas yang fleksibel meski pada tahun lalu terjadi kelebihan pasokan dibarengi dengan pertumbuhan permintaan yang lemah yang menyebabkan harga batubara jatuh.

Namun demikian, lanjut Garibaldi, perseroan yakin fundamental jangka panjang sektor batubara dan energi tetap kuat. “Operasional kami berjalan dengan baik meskipun menghadapi tantangan di pasar batubara dan volatilitas ekonomi global. Fokus kami adalah tetap bertahan di bisnis yang telah dibangun dan terus memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional,” katanya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here