GM TPKS: Semoga Pengusaha Bisa Gunakan Pelabuhan Tanjung Emas Untuk Mengirim Barang

0
790
Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang (id.wikipedia.org)

Semarang – (suaracargo.com)

Terminal Peti Kemas semarang (TPKS) tengah berbenah melakukan pengembangan infrastruktur untuk menekan biaya logistik pengiriman barang melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Satu di antara yang diupayakan pihak pengelola pelabuhan tersebut adalah upaya memangkas waktu pelayanan kapal dan lamanya bongkar muat barang atau dwelling time seperti yang diharapkan Presiden Joko Widodo.

posko-garut

General Manager TPKS Erry Akbar Panggabean mengungkapkan, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang akan dibuat semodern mungkin. Akses terminal penumpang dan peti kemas akan digabung sekaligus.

Mobilisasi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang akan menjadi yang terbaik setelah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

“Nah dengan pengembangan ini, kami (TPKS, red) meminta kerjasama dari pengusaha di Jawa Tegah khususnya agar menggunakan Pelabuhan Tanjung Emas untuk kepentingan pengiriman barang ketimbang pelabuhan lainnya,” ujar Erry dalam acara Semarang Trending Topic-Diskusi Membangun Jawa Tengah “Modernisasi Pelabuhan Tanjung Emas Bagi Kemakmuran Jawa Tengah Dan Indonesia” di Hotel Ibis Semarang, Selasa (27/9/2016).

Dia menambahkan, peralatan Bongkar Muat di Tanjung Emas juga menggunakan alat yang canggih, sehingga penggunakan alat konvesional bisa dikurangi. Alat canggih yang dimaksudkan adalah automated rubber tyred gantry (ARTG) yang saat ini sudah berjumlah 11 unit. Rencananya, peralatan seperti itu akan ditambah 9 unit lagi sehingga total akan jadi 20 unit.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah, Frans Kongi mendukung usaha TPKS dalam menekan dwelling time, sehingga pengusaha akan memilih Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ketimbang pelabuhan besar lainnya.

“Infrastruktur pelabuhan dan Jalan raya banyak peningkatan. Pelabuhan begitu pentingnya bagi dunia usaha sehingga sejak 30 tahun lalu sudah ada Tanjung Emas sudah ada dan kita sudah pakai,” ucap dia, seperti dilansir Tribun Jateng.

Penulis: Hermawan Endra
Editor : M. Nahar
Sumber : Tribun Jateng

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here