Gubernur Bengkulu: Pantai Barat Sumatera Akan Jadi Jalur Logistik Nasional

0
382
Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti (Kompas.com/Firmansyah)

Bengkulu – (suaracargo.com)

Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti mengatakan, pihaknya akan berkomunikasi dengan Bappenas agar membangun wilayah pesisir barat Sumatera menjadi jalur logistik nasional.

“Saat ini jalur pelayaran di Selat Malaka sudah padat dengan kapal, sementara di wilayah pesisir barat, tepatnya Samudera Hindia cukup potensial dan luas,” kata Ridwan Mukti dalam Seminar Nasional, Provinsi Bengkulu sebagai Provinsi Maritim, Selasa (12/4/2016).

Sejauh ini kata dia, di wilayah pesisir barat mulai dari Aceh hingga Lampung minim pelabuhan.

“Sibolga, Meulaboh, Lampung, Bengkulu, merupakan jalur yang potensial. Kami siap berkoordinasi dengan gubernur tetangga, dan berkomunikasi dengan Bappenas,” tambah Ridwan, seperti dilansir kompas.com.

Ridwan juga menyampaikan dua tujuan strategis pembangunan Provinsi Bengkulu sebagai Provinsi Maritim. Pertama, dari sisi kesejahteraan dengan memfokuskan pembangunan maritim di desa-desa nelayan, selanjutnya diintervensi dengan teknologi modern untuk nelayan.

Kedua, dari sisi strategis. Bengkulu, kata dia, berkeinginan memiliki industri kelautan, industri galangan kapal, pengelolaan ikan tangkap, dan menjadi pusat budidaya kelautan.

“Kami berkeinginan menjadikan nelayan bangga menjadi nelayan, sehingga menggerakkan menjadi masyarakat maritim,” ujarnya.

Terobosan pembangunan ini dilakukan, kata dia, mengingat Bengkulu sebagian besar daratannya merupakan wilayah hutan lindung, dan dua taman nasional.

“Maka pilihannya bukan di darat tapi di laut, kita akan buat nelayan tersenyum dan masyarakat di hutan harus merapat ke pesisir,” ujar Ridwan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here