Gubernur DKI Bahas Kerjasama Pelabuhan & Reklamasi dengan Walkot Rotterdam

0
345
Proses boongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal (JICT) Jakarta   (tribunnews.com / Hendra Gunawan)
Proses boongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal (JICT) Jakarta
(tribunnews.com / Hendra Gunawan)

Jakarta – (suaracargo.com)

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menerima kunjungan kehormatan Wali Kota Rotterdam Ahmed Aboutaleb. Dalam pertemuan tersebut, Ahok menjelaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta ingin mempelajari konsep kerjasama terhadap swasta terkait pelabuhan dan reklamasi pantai di Belanda.

“Kita ingin sekali pelabuhan Rotterdam yang besar, termasuk reklamasi yang mereka lakukan di Rotterdam konsep kerjasama swastanya itu seperti apa. Sekarang kan dollar terlalu kuat nih, sebetulnya untuk pembangunan itu kita butuh duit dari luar bukan hanya duit untuk membangun kalau bicara pelabuhan, tapi juga pengalaman. Nah, Rotterdam ini punya,” ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Senin (24/8/2015).

Mantan Bupati Belitung Timur itu menuturkan, Pemprov DKI Jakrta berencana menjalin kerjasama dengan Rotterdam. Bahkan, lanjut Ahok, kerjasama tersebut akan meliputi proyek-proyek seperti yang ada di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Makanya, saya ingin tarik dia kerjain pulau-pulau O, P, Q seluas 100 hektar lebih sebelah di Marunda sama Tanjung Priok. Itu harus jadi pusat logistik dan pelabuhan laut dalam di Jakarta. Bukan hanya untuk Jakarta tapi juga termasuk untuk Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah. Jadi, Jakarta kan sudah hampir 60 hingga 70 persen keluar masuk barang logistik di sini tapi kita kurang dalam. Jadi, ini akan membantu (program) tol lautnya Pak Jokowi,” lanjutnya, seperti dilansir okezone.com.

“Kunci itu ada di KBN (Kawasan Berikat Nusantara) Marunda dan Bekasi yang ada Marunda center. Nah, kita butuh pengalaman yang punya duit. Yang paling cocok adalah Rotterdam,” kata Ahok menambahkan.

Ahok juga mengatakan bahwa kunjungan Wali Kota Roterrdam ke Ibu Kota kali ini merupakan kunjungan yang kedua kalinya. Suami Veronica Tan itu menjelaskan bahwa dirinya akan berangkat ke negeri kincir angin pada September untuk membalas kunjungan Ahmed Aboutaleb.

“Dia (Ahmad Aboutaleb) sudah dua kali datang dan serius, dia akan ngundang saya. Saya mungkin tanggal 19 September ke sana, kunjungan balasan mungkin (tanggal) 23 nya sudah kembali,” ucap Ahok.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here