Gubernur Jatim Berharap Kucuran Dana Pembangunan Pelabuhan Tanjung Tembaga

0
341
Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Istimewa) - beritasatu.com
Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Istimewa)
– beritasatu.com

Surabaya- (suaracargo.com)

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengharapkan kucuran dana pembangunan Pelabuhan Tanjung Tembaga di Probolinggo sehingga insfrastruktur di daerah ini berjalan agar perekonomian masyarakat setempat meningkat. “Kami berharap segera cair karena pembangunan pelabuhan saat ini sangat dibutuhkan, khususnya di Tanjung Tembaga,” ujarnya di sela pertemuan dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa (21/4).

Menurut dia, saat ini kucuran dana dari Pemerintah Pusat untuk pembangunan Pelabuhan Tanjung Tembaga di Probolinggo tahun anggaran 2015 terhenti, sehingga rencana pembangunan Dermaga II di kawasan tersebut yang disiapkan untuk kapal-kapal berukuran besar terbengkalai.

Ia lalu memaparkan, proyek pembangunan Pelabuhan Tanjung Tembaga merupakan proyek “multiyears” sejak tahun 2010, yang anggarannya merupakan gabungan dari APBD Jatim, APBN dan swasta. “Untuk pembangunan Dermaga II, Pemerintah Pusat sudah menyanggupi untuk mendanai lewat APBN pada tahun 2015 ini,” tutur Pakde Karwo, sapaan akrabnya, sebagaimana dilansir beritasatu.com.

Pihaknya juga mengaku telah bertemu sekaligus presentasi di hadapan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beberapa waktu lalu, yang hasilnya disetujui pembangunannya. Ia juga menjelaskan, pentingnya pembangunan Dermaga II di Tanjung Tembaga karena dirancang untuk berlabuhnya kapal-kapal berukuran besar yang sebelumnya tidak dimiliki dan kapasitasnya kapal-kapal besar itu mampu mengangkut beribu-ribu teus.

“Kalau selesai maka kapal-kapal besar dengan daya angkut ribuan teus itu tidak harus ke Pelabuhan Singapura dulu untuk mengirim barang. Selamat tinggal Singapura,” katanya. Jika nantinya pembangunan selesai, lanjut dia, maka Pelabuhan Tanjung Tembaga menjadi satu-satunya pelabuhan yang dikelola pemerintah provinsi. “Kami sudah siap, termasuk pengelolanya. Ini akan menjadi yang pertama bahwa pelabuhan dikelola oleh Pemprov,” tutur birokrat yang juga politisi asal Partai Demokrat itu.

Menanggapinya, Anggota Banggar DPR RI, Iskandar D Syaichu siap memperjuangkan anggaran pembangunan Dermaga II Pelabuhan Tanjung Tembaga agar bisa dicairkan melalui P-APBN 2015. “Kami anggota Banggar yang juga dari Dapil Jatim akan mewujudkan pembangunan tersebut. Ini sangat penting dan prioritas,” tukas anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan tersebut.

Selain itu, ia yang saat ini duduk di Komisi VI dan membidangi BUMN akan segera memanggil pihak terkait, khususnya PT Pelindo untuk membicarakan lebih lanjut pembangunan pelabuhan tersebut. “Aaya akan menyampaikannya ke pimpinan komisi. Secepatnya diagendakan dengar pendapat. Kami juga minta utusan Dinas Perhubungan Jatim datang,” ucapnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here