Gubernur Sulut Apresiasi Ide Tol Laut

0
388
Sinyo Harry Sarundajang (sumber: Beritasatu.com)
Sinyo Harry Sarundajang (sumber: Beritasatu.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Gubernur Sulawesi Utara Dr Sinyo Harry Sarundajang salut atas ide Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) terkait ide membangun Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Saya salut pada ide Presiden ke-7 RI untuk membangun Indonesia sebagai poros maritim dunia,” kata Sarundajang pada peluncuran buku karyanya Ekonomi Biru Masa Depan Indonesia di Hotel Asana Kawanua, Jakarta, Selasa (7/10) malam, sebagaimana dilansir beritasatu.com.

Menurut Sarundajang, maritim adalah upaya untuk memuliakan laut serta hasrat memanfaatkan berbagai potensi yang ada di laut. Paradigma pembangunan nasional yang saat ini masih berorientasi ke wilayah darat (land base oriented) harus diubah menjadi ke wilayah laut (marine based oriented), lanjutnya.

“Mudah-mudahan Pak Jokowi membaca buku ini sehingga dapat mempertimbangkan pembangunan logistik dan infrastruktur yang perkembangannya hanya 0,7 persen dibandingkan dengan di darat,” kata dia.

Pak Gubernur juga menyebutkan, sebagai presiden di negara yang mayoritas wilayahnya adalah laut, Jokowi wajib menjalankan lima persyaratan kunci mencapai kejayaan Indonesia dalam pelaksanaan pembangunan berbasis kelautan (sea based oriented).

Kelima prinsip itu adalah Ocean Blue Economy, Ocean Governance Policy, Ocean Environmental Policy, Ocean Maritime Cultural Policy, dan Ocean Maritime Security Policy. Kelima prinsip ini harus diimplementasikan secara terpadu.

“Matra laut harus mendapat perhatian lebih besar dalam program-program pembangunan nasional di masa mendatang,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa buku yang ditulisnya itu merupakan angan-angan dari seorang kepala daerah yang ingin wilayah yang dipimpinnya dikenal luas, maju, mampu menekan kemiskinan, dan mengurus kesejahteraan rakyat.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here