Hadapi MEA, Tenaga Logistik Perlu Disertifikasi

0
347
Ilustrasi aktivitas perusahaan logistik (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Semarang – (suaracargo.com)

Memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), ada Free Flow Skilled Labour di negara ASEAN. Bagi perusahaan, hal itu berarti mempunyai tambahan pilihan tenaga kerja ahli yang berasal dari luar Indonesia, selain yang berasal dari dalam negeri. Sedangkan untuk tenaga kerja dalam negeri, era tersebut seperti pisau bermata dua.

Persaingan bebas, bisa merugikan atau menguntungkan untuk tenaga kerja terlatih dari dalam negeri. Course Director Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Institute Theo Kumaat menyatakan, persaingan seperti itu dapat merugikan tenaga kerja jika tidak meningkatkan kemampuan serta pengetahuannya terutama di bidang logistik.

“Menguntungkan jika tenaga kerja dalam negeri terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan di bidang logistik. Tenaga kerja lokal harus mempunyai kemampuan yang sama seperti disyaratkan dan diakui dengan tenaga kerja luar,” kata Theo saat ditemui di DPW ALFI Jawa Tengah.

Bukan tidak mungkin lanjutnya, tenaga kerja lokal ini dapat berkarya di luar negeri. Di tengah keterbatasan fasilitas dan infrastruktur menurutnya, tenaga kerja lokal di bidang logistik mampu berkarya dan bersaing dengan tenaga kerja dari luar negeri.

“Dengan sertifikasi, tenaga kerja lokal mendapatkan pengakuan dan tidak hanya mengandalkan pengalaman. Keahlian dan kemampuan perlu terus ditambah pada era seperti ini dan pelatihan yang dilakukan oleh DPW ALFI Jawa Tengah sudah memenuhi standar kompetensi internasional,” tuturnya, seperti dilansir berita.suaramerdeka.com.

Saat ini baru sekitar 150 ribu tenaga terlatih dan berkompetensi di bidang logistik yang ada di Indonesia dari kebutuhan 200 ribu tenaga kerja. Kebutuhan tersebut bisa terus bertambah dengan bertambahnya volume perdagangan dan muat-bongkar di Indonesia.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here