Harga Semen 1 Juta akibat Infrastruk tidak Memadai

0
390
ilustrasi perbaikan jalan (Antara / liputan6.com)
ilustrasi perbaikan jalan (Antara / liputan6.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Para pengusaha terus mendesak pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur. Buruknya infrastruktur ini dinilai menjadi penyebab disparitas harga barang antar wilayah di Indonesia.

Semisal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah menyebutkan harga semen di Papua mencapai Rp 1 juta per zak.

Executive Director PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Kuky Permana, tidak menampik hal tersebut. Mahaanya harga satu produk bisa disebabkan oleh buruknya infrastruktur di Indonesia. “Iya memang ada yang segitu (harga Rp 1 juta),” ujarnya di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Senin (10/11/2014), sebagaimana dilansir liputan6.com.

Dia juga menjelaskan bahwa akibat ketiadaan infrastruktur yang memadai seperti jalan raya, semen yang didistribusikan di wilayah Papua harus menggunakan pesawat. “Kalau diangkut pakai pesawat ya mahal biaya angkutnya. Tapi kalau jalan di sana dibangun tentu akan lebih baik,” kata dia.

Namun bila pemerintah bisa menyediakan infrastruktur ini secara baik di seluruh wilayah Indonesia, disparitas harga seperti itu bisa ditekan. “Semen kan relatif murah harganya. Barangnya berat dan harganya relatif murah. Harganya juga sama (di setiap pulau) cuma memang karena ditambah biaya angkutnya sampai ratusan ribu,” ungkap dia.

Selain soal jalan, ketersediaan infrastruktur lain seperti pelabuhan juga penting bagi negara kepulauan seperti Indonesia. Pemerintah diharapkan bisa memperbaiki dan membangun semua infrastruktur yang dibutuhkan ini secara bersamaan. “Pelabuhan juga makin sempit dan ramai, ini juga bikin logistik mahal,” tandasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here