Harga Solar Naik, Tarif Jasa Logistik Alami Penyesuaian

0
232
antrean BBM (Mursalin Yasin/republika.co.id)

Jakarta – (suaracargo.com)

Penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar direspon pelaku usaha di bidang logistik dan transportasi dengan mempertimbangkan kenaikan biaya jasa sekitar empat hingga lima persen. Bagi kalangan industri logistik, BBM merupakan komponen biaya produksi yang cukup besar, yang memiliki prosentase sekitar 30-40 persen.

“Di sektor logistik kebanyakan menggunakan BBM solar. Dengan perkiraan solar naik Rp 600 per liter, maka biaya tranportasi akan kami naikkan sekitar 5 persen,” ujar Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia Zaldy Ilham Masita saat dihubungi, Kamis (29/9/2016).

Dia memahami, penyesuaian harga BBM merupakan hasil evaluasi yang dilakukan per tiga bulan sekali. Meski demikian, pihaknya menyayangkan BBM jenis solar harus mengalami kenaikan. Ketika tarif logistik naik, sambung Zaldy, biasanya akan mengguncang harga bahan pokok yang sudah tentu kian memberatkan masyarakat.

posko-garut

“Permintaan terhadap jasa logistik juga akan turun, karena konsumen bisa saja keberatan dengan kenaikan tarif (akibat kenaikan solar),” pungkasnya.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truck Indonesia (Apterindo) Gemilang Tarigan mengatakan, pihaknya juga akan menaikkan tarif sebesar empat persen. Hanya saja, Gemilang berpendapat kenaikan tarif tidak akan berdampak signifikan pada penurunan konsumen jasa logistik. Pasalnya, jasa logistik memiliki peranan penting untuk memperlancar distribusi barang dari produsen ke konsumen.

“Kalau dulu solar naik Rp 500 per liter, kita tidak perlu melakukan perubahan tarif. Tapi sudah sampai Rp 600 per liter, mau tidak mau harus ada penyesuaian tarif. Naiknya sekitar 4 persen ya, mengingat komposisi bahan bakar sebesar 35 persen dari keseluruhan komponen biaya ya,” tutur Gemilang, seperti dilansir Metrotvnews.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY