Hindari Monopoli, Pelindo II Siap Kelola 35 Pelabuhan

0
284

Jakarta – (suaracargo.com)

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II siap untuk mengelola 35 pelabuhan Unit Pelaksana Teknis (UPT). 35 pelabuhan itu adalah sebagian dari 50 pelabuhan yang rencananya ditawarkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada sejumlah badan usaha pelabuhan (BUP). Tujuan Pelindo II ialah mengembangkan potensi nilai ekonomis pelabuhan-pelabuhan tersebut serta mencegah potensi monopoli yang mungkin dilakukan korporasi swasta.

35 pelabuhan yang dibidik Pelindo II tersebut antara lain Serui, Nabire, Kaibana, Tobelo, Labuha, Namlea, Labuhan Bajo, Luwuk, Baobao, Anggrek, dan pelabuhan Mamuju.

“Bila satu perusahaan swasta saja yang kelola, berarti itu monopoli. Dan jikalau swasta yang memonopoli, hal tersebut berbeda dengan Badan Usaha Milik Negara yang monopoli. BUMN adalah perusahaan milik negara,” ujar Direktur Utama Pelindo II R J Lino d Jakarta, Kamis (19/2), sebagaimana dilansir beritasatu.com.

Dia juga mengatakan, perusahaannya akan segera mengajukan surat penyataan secara resmi kepada pemerintah mengenai kesiapan pihaknya dalam mengelola 35 pelabuhan UPT, yang sebagian besar berada di bagian timur Nusantara. Namun, dia belum mengungkapkan nilai investasi yang dibutuhkan untuk mengambil alih pengelolaan semua pelabuhan tersebut.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here