HIPMI: Tingginya Biaya Logistik Lemahkan Daya Saing Produk Lokal

0
401
Suasana Dialog HIPMI ke-40 yang membahas Peluang dan Tantangan Logistik Nasional, di Hotel Max One Palembang, Kamis (9/6).

Palembang – (suaracargo.com)

Ketidakmampuan produk lokal bersaing di era pasar bebas ditenggarai karena tingginya cost logistik di tanah air

Hal ini diutarakan, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumsel, Yudha Protomo saat acara Dialog HIPMI ke 40 yang membahas Peluang dan Tantangan Logistic Nasional, di Hotel Max One Palembang, Kamis (9/6)

“bukan rahasia lagi, jika saat ini pasar dalam negeri banyak dikuasi produk yang. Cost logistik ditenggarai jadi penyebabnya, terlebih cost logistic Indonesia saat ini masih terbilang tinggi 24 persen dari GDP,” ujarnya.

Promo CSMCARGO Ramadhan

Dengan cost yang begitu tinggi, tentu beban harga akan di jatuhkan terhadap konsumen, dengan harga menjadi mahal, karena untuk menyesuaikan perhitungan operasional dari jasa angkutan. “Idealnya cost logistic di angka 10 persen, agar produk kita mampu bersaing,” jelasnya

Yudha menambahkan, cost Logistik di negara kita masih tinggi ini tidak lepas dari masalah utama, yaitu masalah infrastruktur dan pungutan liar (pungli).

Meskipun wilayah Sumsel dinilai cukup kondusif, namun kondisi ini belum merata di semua daerah di sana. Padahal, logistik memiliki pangsa operasional yang lebih luas sesuai dengan pangsa pasarnya yang juga besar.

“Ada juga kesan tertutup untuk bisnis ini, sehingga belum terjalin pemecahan masalah antara pembisnis dan pemerintah atau stake holder terkait,” ujarnya, seperti dilansir palembang.tribunnews.com.

Menurutnya, untuk peluang bisnis ini di prediksi memiliki 2100 Triliun pangsa pasar. Apalagi dengan perkembangan bisnis eccomerce yang kian pesat saat ini tentu sangat membutuhkan peran serta logistik.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here