Industri E-Commerce Sumbang 20 Persen Pengiriman Barang PT Pos Indonesia Regional 6

0
57
‎Suasana saat petugas kantor Pos mengecek barang-barang yang hendak dikirim keluar. (tribunsumsel.com/Eko Hepronis)

Semarang – (suaracargo.com)

Perkembangan industri e-commerse cukup pesat beberapa tahun terakhir. Hal itu mempengaruhi volume pengiriman yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia.

Dari catatan yang ada, 20 persen pengiriman barang Kantor Pos Regional 6 Jateng-DIY disumbang dari jual beli yang dilakukan secara online oleh industri e-commerce.

“Industri e-commerce menyumbang 20 persen dari total pengiriman barang melalui Kantor Pos Jateng-DIY,” kata Kepala Pos Indonesia Regional 6 Jateng-DIY, Dwi Indarmani, Rabu (27/9/2017) kemarin.

Meski kontribusi industri e-commerce cukup besar, namun pengiriman melalui kantor Pos masih didominasi dari sektor ritel yaitu sebesar 65 persen. Sisanya disumbang sektor lain.

“Tapi tahun depan, sektor e-commerce kami targetkan bisa berkontribusi hingga 35 persen,” jelasnya.

Ia menambahkan, lonjakan pengiriman barang lebih relatif pada hari-hari biasa. Lonjakan tertinggi terjadi pada saat bulan Ramadan yang lalu yang mencapai 16 persen dibanding bulan sebelumnya. Pada saat itu, barang yang paling banyak dikirim adalah makanan dan pakaian.

“Kami mengantisipasi pengiriman makanan dengn stiker khusus agar diprioritaskan sehingga tidak ada yang mengalami kendala seperti busuk,” tandasnya, seperti dilansir tribunjateng.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY