Industri Otomotif di Indonesia Masuki Babak Baru dengan Adanya PLB Sektor Otomotif

0
431
ilustrasi pusat logistik berikat (sentananews.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Indonesia siap memasuki babak baru dalam pengembangan industri otomotif melalui pengoperasian Pusat Logistik Berikat (PLB) sektor otomotif di Karawang, Jawa Barat.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyatakan, Pusat Logistik Berikat (PLB) untuk sektor otomotif ditargetkan mulai beroperasi pada semester II tahun ini.

“Pengelola saat ini masih dalam proses pengumpulan jenis produk yang akan didistribusikan ke pabrik-pabrik melalui kawasan tersebut. Semester kedua kami targetkan sudah siap beroperasi,” kata Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, Warih Andang Tjahjono, di Jakarta, baru-baru ini.

Pengumpulan jenis produk, menurut Warih, perlu dilakukan untuk mempermudah arus distribusi ke pabrik atau lokasi tujuan. Sebab, perusahaan yang nantinya akan memanfaatkan pusat logistik ini tidak hanya Toyota, melainkan juga beberapa perusahaan otomotif lainnya.

“Dengan mulai beroperasinya PLB ini dipastikan proses produksi akan lebih efisien, karena seluruh supplier bahan baku dan komponen akan dipusatkan di kawasan tersebut,” papar dia, seperti dilansir rajamobil.com.

Meskipun dibuka untuk perusahaan otomotif lain dalam memanfaatkan fasilitas ini, sejauh ini Toyota belum menerima proposal atau pengajuan pemanfaatan pusat logistik dari industri otomotif lain.

“Bila mengajak pihak lain mereka harus yakin. Untuk meyakinkan maka persiapan harus matang agar pabrik mendapat jaminan dari pengelola,” ujar Warih.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here