Industri Pengiriman Barang di Indonesia Diperkirakan Dapat Tumbuh Hingga 15,2 Persen

0
376
ilustrasi pengiriman barang (Tribun Pontianak)

Jakarta – (suaracargo.com)

Dengan kondisi geografis yang ada Indonesia, industri pengiriman ekspres, pos serta logistik memiliki potensi pertumbuhan hingga 15,2% sampai dengan 2019 nanti.

Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri yang harus ditaklukkan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspress, Pos, dan Logistik Indonesia (Asperindo).

Ketua Umum Asperindo, Mohamad Feriadi mengatakan, pertumbuhan itu seiring dengan perkembangan industri e-commerce di dalam negeri yang mencapai 40% atau menyumbang 25% dari seluruh pertumbuhan industri logistik nasional.

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan program-program peningkatan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (IT). Program-program tersebut diantaranya, penyediaan platform untuk berbagi pengalaman dan mempromosikan ‘best practice’ antar anggota di seluruh wilayah nusantara.

“Pertukaran informasi dan komunikasi yang efektif membuat permasalahan yang terjadi di seluruh wilayah dapat dengan cepat dimusyawarahkan serta langkah-langkah sebagai solusi pun dapat segera dijalankan,” jelas Feriadi dalam keterangannya yang dilansir tribunjogja.com, Jumat (8/4/2016).

Pria yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur JNE ini terpilih menjadi Ketua Umum Asperindo masa bakti 2016-2020 berdasarkan Musyawarah Nasional IX Asperindo di Jakarta beberapa waktu lalu. Peningkatan IT itu menjadi bagian dari program 100 hari pertama kepemimpinannya.

Ia mengatakan, berbagai permasalahan yang terjadi, baik dalam skala lokal mau pun nasional, perlu diubah menjadi peluang emas melalui inovasi dan kerjasama strategis berbagai pihak. Permasalahan itu antara lain, rasio biaya logistik nasional secara keseluruhan terhadap PDB yang sebesar 23.6%, biaya sewa gudang di berbagai wilayah yang cukup tinggi, kebijakan pemerintah dalam industri logistik yang masih perlu ditinjau ulang dan yang lainnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here