Ini Alasan Pemerintah Bangun Pelabuhan di Kuala Tanjung

0
370
ilustrasi pembangunan pelabuhan
ilustrasi pembangunan pelabuhan

Jakarta – (suaracargo.com)

Pemerintah menganggap akan ada program terintegrasi yang bisa berjalan jika membangun pelabuhan di Kuala Tanjung, Sumatera Utara. Integrasi itu nantinya akan bersama sama dengan kawasan industri di Semanggai.

“Kenapa di Kuala Tanjung? Untuk mengakomodasi kelapa sawit yang sudah ada dan banyak di Sumatera Utara. Nanti via pelabuhan ini, saat bersamaan juga kawasan industri di Semanggai akan dipakai pengolahan produk kelapa sawit. Jadi program tereintegrasi,” ujar Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo saat ditemui di Hotel JW Marriott, Rabu (21/1/2015).

Program ini, tambahnya akan mengintegrasikan pelabuhan dikaitkan dengan industrial estate Semanggai, pelabuhan Belawan (Medan), rel kereta api di Sumatera Utara, ekstensi dari jalan tol Medan Belawan menjadi tol Medan-Belawan-Semanggai-Kuala tanjung dan pembangkit listrik dari asahan.

Selain itu, dia juga mengatakan, hal serupa juga untuk daerah Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Sorong. Keempatnya sudah siap dalam pergerakan menuju pembangunan maupun perbaikan pelabuhan.

“Yang empat (Kuala Tanjung, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Makassar) mereka sudah siap bergerak, anggarannya sudah siap masing-masing,” kata dia, seperti dilansir okezone.com.

Dirinya menambahkan bahwa Pelindo sudah siap untuk kelima pelabuhan laut dalam (deep sea port). Selain itu, tanah untuk pelabuhan tersebut juga telah siap dan perizinan telah selesai.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here