Inovasi KALOG Untuk Angkut Cargo Otomotif

0
413
ilustrasi: cargo otomotif (kalogistic.co.id)
ilustrasi: cargo otomotif (kalogistic.co.id)

Jakarta – (suaracargo.com)

PT Kereta Api Logistik atau KALOG mengatakan bahwa pihaknya sedang berinovasi mengubah desain gerbong. Rata-rata, satu rangkaian kereta yang ada saat ini membawa 30 kontainer 40 feet atau 60 kontainer 20 feet.

Direktur Operasi dan Pemasaran PT Kereta Api Logistik (KALOG), Subakir, mengatakan bahwa inovasi yang dilakukan perusahaan bertujuan agar kereta barang bisa mengangkut lebih banyak lagi. Khususnya, barang-barang dari sektor industri otomotif yang pengangkutannya saat ini sedang dijajaki.

“Saat ini kita sedang menjajaki kerja sama dengan Astra, progres masih dalam tahap pembicaraan lebih lanjut,” tuturnya Jumat (28/11/2014), sebagaimana dilansir detik.com.

Oleh karena masih dalam proses penjajakan, nilai kontrak dan jangka waktu kontrak belum bisa diketahui. Selain itu, memorandum of understanding diantara kedua belah pihak juga belum dibuat.

Lebih lanjut, untuk bisa bekerja sama dengan Astra, Kalog harus mampu mendistribusikan 2000 unit motor per harinya dengan ritase Jakarta ke Semarang lalu Surabaya pulang dan pergi.

Kalog bisa mengangkut 8 mobil berukuran 1600cc dalam satu kontainer. Sedangkan, untuk sepeda motor dengan motor kecil seperti Mio, perusahaan itu bisa memberangkatkan sampai 90 unit.

“Untuk itu pihaknya melakukan design agar bisa mengangkut barang sektor industri otomotif salah-satunya mobil dan motor,” katanya. Selain itu, barang-barang dari sektor otomotif juga memerlukan penanganan khusus dan kemampuan kapasitas kontainer yang lebih besar lagi.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here