INSA: Konsep Tol Laut Bisa Pangkas Biaya Logistik Asal Ada Pelabuhan Besar

0
195
ilustrasi kapal cargo (sinarharapan.co)

Jakarta – (suaracargo.com)

Pengusaha kapal yang tergabung dalam Indonesian National Shipowners Association (INSA) menyatakan, konsep tol laut yang diusung Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa mengurangi biaya logistik asalkan didukung infrastruktur memadai. Namun, saat ini hal itu belum bisa tercapai.

Sekjen DPP INSA Budi Halim mengatakan, turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) jenis solar tidak secara otomatis memangkas biaya logistik.
Penurunan harga solar bisa efektif menurunkan biaya logistik jika jumlah kapal berukuran besar lebih banyak. Oleh karena itu, industri logistik butuh banyak pelabuhan luas guna menampung kapal ukuran besar. Kapal ukuran kecil tidak efektif lantaran kapasitas angkutnya sedikit.

Sayangnya, lanjut Budi, pelabuhan-pelabuhan yang ada di Tanah Air, belum cukup untuk menampung kapal dengan ukuran besar. Pengadaan pelabuhan seperti itu membutuhkan sinergi antara pengusaha dan pemerintah agar tol laut bisa efektif menekan biaya logistik. “Infrastrukturnya belum ada (pelabuhan), lalu return cargo tidak ada, tambah tinggi. Ini mesti sinergi, program pemerintah dan swasta,” ujarnya di Jakarta, Selasa (5/1/2016).

Budi menjelaskan, komponen solar dalam biaya operasional kapal sebesar 30-35%. Angka tersebut dinilainya tidak terlalu signifikan karena masih ada komponen lainnya. “Turunnya harga solar tidak berdampak signifikan karena satu bagian kecil, satu segmen. Bahan bakar 30%-35% di operasi kapal tapi kalau rata-rata tidak tahu persis karena banyak komponen,” tuturnya.

Selain itu, Budi mengungkapkan bahwa modal kerja yang dikeluarkan oleh pengusaha kapal di Indonesia lebih besar dari negara lain. Bisa lima kali lipat lebih tinggi. “Modal kerja empat sampai lima kali lipat dari negara lain. Kena pajak dan ada cost di pelabuhan,” pungkasnya, sebagaimana dilansir sindonews.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY