INSA: Swasta Perlu Insentif Dalam Mengelola Pelabuhan

0
42

Jakarta – (suaracargo.com)

Kementerian Perhubungan (Kemhub) berencana mengajak swasta bekerja sama dalam operasional 20 pelabuhan. Indonesia National Shipowners’ Association (INSA) menilai, pemerintah perlu melengkapi niatan ini dengan insentif bagi swasta yang tertarik ikut mengelola pelabuhan.

“Insentif tersebut seperti terkait permodalan dari perbankan nasional bagi swasta nasional yang ingin bekerja sama di operasi pelabuhan,” kata Carmelita Hartono, Ketua Umum INSA, dalam pernyataan resminya, Selasa (21/11).

Dia mengapresiasi langkah-langkah pemerintah. Menurutnya, penawaran kerja sama pelabuhan akan mempertegas peran pemerintah sebagai regulator, sedangkan swasta sebagai operator.

Dengan begitu, pemerintah bisa lebih fokus membangun infrastruktur di wilayah terpencil dan terluar, lantaran akan ada penghematan APBN.

 

“Semoga secara komersial pelabuhan ini menarik untuk dikembangkan, dan kami akan melakukan studi terhadap pelabuhan yang ditawarkan,” kata Carmelita, seperti dilansir kontan.co.id.

Reporter: Anggar Septiadi
Editor : M. Nahar

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY