Izin Keluar, Pelabuhan Samatiga Resmi Beroperasi

0
442
Pelabuhan Samatiga (beritatrans.com)

Meulaboh – (suaracargo.com)

PT Angkutan Danau Sungai dan Penyeberangan (ASDP) Singkil mengatakan, Senin hari ini (29/8) merupakan hari perdana pelabuhan penyerangan Samatiga, Aceh Barat, beroperasi menyusul izin operasional dari gubernur sudah dikeluarkan.

Menandai pelayaran perdana tersebut, kapal feri Teluk Sinabang milik ASDP, Minggu (28/8) malam mulai mengangkut penumpang dari pelabuhan Sinabang (Simelue) menuju pelabuhan di Meulaboh (Aceh Barat).

banner-csm-atas

Pimpinan ASDP Singkil Gunawan kepada Serambi, kemarin, mengatakan bahwa kapal Teluk Sinabang pada Minggu malam berlayar dari Sinabang mengangkut penumpang dan merapat perdana di Pelabuhan Samatiga pada Senin hari ini. Setiba di Pelabuhan Samatiga kapal tersebut kembali berlayar membawa penumpang dari Meulaboh ke Sinabang sekira pukul 13.00 WIB. “Ini pelayaran perdana di Pelabuhan Samatiga,” kata Gunawan, seperti dilansir Serambi Indonesia.

Dia sebutkan, kapal yang digunakan untuk rute Sinabang-Meulaboh adalah Teluk Sinabang dengan jadwal sepekan tiga kali yakni hari Senin, Rabu dan Sabtu. Demikian juga untuk tarif/ongkos Rp 63.000 untuk dewasa dan Rp 38.000 untuk anak-anak.
Ia menyebutkan selain pelayaran Meulaboh-Sinabang yang dibuka, dua pelayaran lainnya yakni Sinabang-Labuhan Haji (Aceh Selatan) dan pelayaran Sinabang-Singkil (Aceh Singkil) tetap dibuka.

Gunawan menyebutkan bahwa ada beberapa pengerjaan yang perlu segera dibangun untuk penyempurnaan di Pelabuhan Samatiga, Aceh Barat. Seperti halnya lampu mercusuar, rambu laut dan lampu penerang dermaga sepanjang 350 meter. “Terhadap penyempunaan itu sudah kita sampaikan pada uji sandar 5 Agustus lalu,” ujarnya.

Gunawan mengatakan, kapal feri dari Sinabang tiba di Meulaboh sekira pukul 08.00 WIB dan sekira pukul 13.00 WIB kembali berlayar ke Sinabang dari Pelabuhan Samatiga. “Sebab kalau lama bisa berdampak seperti kerusakan kapal atau kerusakan dermaga ketika dihantam ombak,” katanya.

Kadis Perhubungan dan Telekomunikasi Aceh Barat, Saiful AB mengatakan pelayaran perdana dimulai menyusul telah keluar izin operasional dari gubernur pada 22 Agustus 2016 dan adanya surat bupati yang diteruskan ke ASDP.

“Alhamdulilah, pelabuhan sudah operasional dan Senin pelayaran perdana. Kita berharap pelayaran dapat berjalan lancar,” ujarnya. Saiful menambahkan, Pemkab Aceh Barat menyediakan angkutan bus di Pelabuhan Samatiga untuk membawa penumpang ke Meulaboh.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here