Jadikan Makassar Pintu Gerbang Indonesia Timur, Garuda dan PT Pos Indonesia Resmikan Outlet Layanan Kargo Perdana di Makassar

0
439
Ilustrasi truk pos logistik (lowongankerja15.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bersama PT Pos Indonesia (Persero) meresmikan outlet perdana layanan kargo di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Fasilitas tersebut merupakan implementasi dari peningkatan sinergi kedua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk memperluas pasar dan jaringan distribusi di Indonesia Timur. Direktur Kargo Garuda Indonesia Sigit Muhartono mengatakan, kerja sama tersebut akan mempermudah layanan pengiriman door-to-door pengiriman barang melalui kargo.

”Kami mengoptimalkan kekuatan kanal distribusi Garuda melalui jaringan penerbangan yang menjangkau lebih dari 60 bandara domestik serta Pos Indonesia melalui ribuan kantor cabangnya yang tersebar baik di wilayah kota hingga pelosok Indonesia,” kata Sigit dalam keterangannya di Jakarta, kemarin.

Sigit menjelaskan, pada tahap awal kerja sama Garuda Indonesia dan Pos Indonesia menargetkan untuk memulai pembukaan outlet-outlet tersebut di wilayah timur Indonesia, dengan pilot project di Kota Makassar yang merupakan pintu gerbang utama regional timur. ”Selanjutnya, akan dibuka outlet-outlet lain di empat lokasi kantor cabang Pos Indonesia di wilayah Sulawesi Selatan, yaitu Pare-pare, Bone, Palopo, dan Bulukumba,” tuturnya, seperti dilansir koran-sindo.com.

Melalui pembukaan outlet-outlet di kawasan timur Indonesia, PT Garuda Indonesia terus mengoptimalkan pengiriman general cargo , valuable goods, dan dangerous goods. Garuda juga dapat mulai memaksimalkan penggarapan salah satu potensi pasar terbesar dari wilayah tersebut, yaitu pengiriman hasil laut. Dia menambahkan, langkah ini sejalan dengan komitmen Garuda sebagai maskapai penerbangan nasional untuk mendukung program prioritas pemerintah dalam mengembangkan industri maritim nasional.

Garuda akan memaksimalkan pengiriman hasil laut dari wilayah timur Indonesia melalui layanan kargo. ”Pembukaan outlet ini diharapkan dapat semakin mendorong pembukaan outlet-outlet Garuda Cargo di berbagai wilayah lain di Indonesia. Melalui kerja sama ini, pada tahap pertama kami menargetkan pembukaan sebanyak 155 outlet yang tersebar di wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua selama tahun 2017,” ujarnya.

Kepala Regional 10 PT Pos Indonesia (Persero) Arifin Muchlis mengungkapkan, implementasi kerja sama tersebut tidak hanya akan semakin meningkatkan kapasitas layanan kedua BUMN, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa keduanya. ”Pembukaan outlet kerja sama ini akan semakin memberikan kemudahan kepada pelanggan yang datang ke kantor pos untuk pengiriman-pengiriman yang sebelumnya tidak bisa dilakukan oleh Pos Indonesia, khususnya untuk pengiriman valuable goods, dan dangerous goods ,” katanya.

Di samping itu, kehadiran outlet Garuda Cargo di kantor-kantor cabang Pos Indonesia akan memungkinkan pengiriman kargo dari kota besar ke daerah pedesaan maupun sebaliknya. Bahkan, pengiriman kargo antar-daerah pelosok secara door to door akan semakin dimungkinkan. Outlet Garuda-Pos melayani penjualan produk layanan Garuda Indonesia Cargo dan pengiriman kargo dari outlet ke bandara dengan menggunakan trucking dari Pos Indonesia.

Layanan kerja sama ini mengangkat konsep rural logistikyangmemungkinkanpengiriman barang kargo Garuda Indonesia yang selama ini dilayanimelalui port to port untukdapat dilanjutkan dengan jaringan distribusi Pos Indonesia yang tersebar di hampir sebanyak 4.600 lokasi di Indonesia.

Penulis: Heru Febrianto
Editor : M. Nahar

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here