Jalur KA Sumsel – Jambi Akan Dibangun

0
369
ilustrasi kereta barang (foto:istimewa/sindonews.com)
ilustrasi kereta barang (foto:istimewa/sindonews.com)

Palembang – (suaracargo.com)

Pemerintah akan segera merealisasikan pembangunan jaringan rel kereta api yang menghubungkan dua provinsi, Sumatera Selatan – Jambi. Rencana pembangunan jalur yang merupaka bagian dari Trans Sumatera Railway tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan saat melakukan kunjungan kerja ke Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin, Jumat (17/4).

“Kereta api Trans Sumatera tetap jalan, harus tahun ini juga,” kata Menteri Perhubungan usai bertemu Gubernur Alex Noerdin di kantor Gubernur Sumsel. Masih menurut Jonan, Kementerian Perhubungan meminta Gubernur Sumatera Selatan dan Gubernur Jambi untuk membantu pengerjaan persiapan pembangun jaringan rel antara Palembang – Jambi yang panjangnya sekitar 216 Km.

Selain pembangunan rel kereta api antara Palembang – Jambi, menurut Menhub Ignasius Jonan, pemerintah juga akan mempercepat pembangunan jaringan rel kereta api di Sumatera Selatan untuk memperlancar angkutan penumpang dan barang diantaranya angkutan batu bara. “Harus dipacu diantaranya pembangunan rel kereta api ganda dari stasiun Prabumulih menuju Tanjung Enim yang sekarang sedang dilaksanakan. Pembangunan rel ganda akan memperlancar angkutan batu bara menggunakan jasa angkutan kereta api rangkaian panjang (babaranjang red.) dan bisa meningkatkan kapasitas produksi batu bara,” katanya, sebagaimana dilansir republika.co.id.

Menhub juga meminta angkutan kereta api penumpang dari stasiun Kertapati di Palembang menuju stasiun Tanjung Karang di Lampung dan stasiun Lubuklinggau bisa dimaksimalkan lagi supaya penumpang semakin nyaman. “Nantinya stasiun tersebut akan kita perbaiki supaya semakin bagus,” ujarnya.

Rencana pembangungan Trans Sumatera Railway untuk rel kereta api Palembang – Jambi telah menjadi rencana pembangunan dari masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sumatera Selatan empat tahun lalu, waktu itu Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) Amida S. Alisjahbana mengungkapkan rencana pembangunan jaringan rel kereta api dari Palembang – Jambi – Pekanbaru dan Palembang – Lampung. Untuk jaringan rel kereta api Palembang – Jambi panjanganya sekitar 216 Km dan Palembang – Lampung sepanjang 170 Km.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here