Jalur Tersibuk Kedua, Penyeberangan Ketapang Gilimanuk Diinspeksi

0
447
Foto: Ardian Fanani

Banyuwangi – (suaracargo.com)

Jalur penyeberangan Ketapang-Gilimanuk diinspeksi oleh Asisten Operasi Kapolri Irjen Unggung Cahyono, Selasa (6/6/2017). Kawasan perairan di Selat Bali ini menjadi prioritas kepolisian dalam arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1438 H, karena pelabuhan itu termasuk pelabuhan penyeberangan tersibuk kedua di Indonesia.

Kedatangan Irjen Unggung Cahyono untuk memastikan bahwa seluruh pemangku kebijakan di Pelabuhan Ketapang seperti PT ASDP, KUPP, OPP dan unsur kepolisian telah siap melayani masyakarat yang hendak merayakan lebaran di tanah kelahiran.

“Unsur keselamatan harus diutamakan agar musim mudik Idul Fitri bisa berjalan lancar,” ujar Unggung kepada sejumlah media.

Untuk kesiapan arus mudik dan balik Lebaran 2017, kata Unggung, pihaknya menggelar rapat koordinasi dengan dengan PT ASDP, KOPP, KUPP, KSOP Tanjungwangi serta PT Pelindo III Banyuwangi. Tak lupa juga beberapa perwira kepolisian di Jawa dan Bali, untuk kelancaran penyebrangan.

Menurut Irjen Unggung Cahyono, inspeksi ini digelar karena arus lalulintas penyeberangan di Pelabuhan Ketapang terintegrasi dengan Mabes Polri. Apabila terjadi kemacetan sampai kecelakaan laut terpantau langsung di Jakarta. Sarana itu terpasang di Pos Pengamanan Ramadaniya di sisi utara Pelabuhan Ketapang, tepatnya di atas bangunan Bank BNI.

“Sejumlah sarana pendukung sudah siap. PT ASDP selaku operator pelabuhan telah mengatur seluruh jadwal keberangkatan kapal dengan baik. Bahkan antisipasi jika terjadi penumpukan penumpang dan kendaraan telah dipersiapkan,” terangnya, seperti dilansir detik.com.

Usai rakor di Pelabuhan ASDP, rombongan Irjen Unggung bergerak menuju PT Pelindo III Banyuwangi di area Pelabuhan Tanjungwangi yang berjarak kurang lebih satu kilometer dari Pelabuhan ASDP Ketapang. Di situ rombongan melakukan pengecekan area kantong parkir yang dipersiapkan apabila saat arus balik Lebaran terjadi penumpukan kendaraan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here